Mengapa Tindakan Ekonomi Harus Berpedoman Pada Prinsip? - Quezzen

Sabtu, 07 Mei 2022

Mengapa Tindakan Ekonomi Harus Berpedoman Pada Prinsip?

Mengapa dalam melakukan tindakan ekonomi harus berpedoman pada prinsip ekonomi? Pertanyaan tersebut jadi salah satu pertanyaan penting yang banyak ditanyakan. Salah satu di antaranya juga ada dalam pertanyaan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VII.

Pertanyaan tersebut ada dalam buku mata pelajaran IPS Bab 3 - Aktivitas Manusia Dalam Memenuhi Kebutuhan dengan Kode: 7.10.3. Nah tentunya disini kita perlu cari tahu Kunci Jawaban dari pertanyaan tersebut.

Mengapa Tindakan Ekonomi Harus Berpedoman Pada Prinsip?

Kunci Jawaban

Pertanyaan tentang mengapa dalam melakukan tindakan ekonomi harus berpedoman pada prinsip ekonomi? Banyak sekali diajukan baik dalam soal ataupun juga dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini kita harus ketahui bahwa prinsip ekonomi memang menjadi pegangan dalam tindakan yang dilakukan baik itu dalam kebijakan ataupun aktivitas ekonomi seperti ekonomi kreatif lainnya.

Akan tetapi sebelumnya tentu harus diketahui terlebih dahulu perbedaan antara tindakan ekonomi dan prinsip ekonomi. Keduanya memiliki pengertian dan peran yang berbeda yakni sebagai berikut:

1. Prinsip ekonomi

Dalam prinsip ekonomi, hal yang digunakan biasanya adalah upaya dan usaha untuk bisa mendapatkan hasil maksimal dengan usaha yang minimal. Dalam hal ini kita tahu bahwa motif ekonomi adalah tentang usaha seseorang untuk mendapatkan keuntungan besar dengan modal atau usaha yang seminim mungkin.

Pada intinya prinsip dari ekonomi adalah untuk mendapatkan keuntungan. Jadi berbagai upaya dan langkah yang dilakukan tiada lain dengan memperhatikan potensi profit atau keuntungan.

2. Tindakan ekonomi

Sementara itu adapun yang dimaksud dengan tindakan ekonomi adalah sebuah tindakan yang dilakukan untuk bisa mendapatkan target ekonomi yakni keuntungan. Tindakan yang dilakukan ini tentu dilandasi oleh berbagai hal. Salah satu diantaranya tentunya tindakan ini harus didasarkan pada prinsip dan juga motif ekonomi seseorang.

Berbagai teknik pemasaran bisnis dan lain sebagainya memang harus didasarkan pada motif atau prinsip ekonomi yang dipegang. Dalam hal ini Tentunya adalah prinsip nya soal keuntungan dan profit.

Jadi jika ada pertanyaan mengapa tindakan ekonomi harus berpedoman pada prinsip ekonomi, pasalnya karena memang output yang dihasilkan harus didasarkan pada prinsip atau motif yang diinginkan. Tentunya motif ekonomi tersebut bisa dalam banyak ke bentuk selain dari keuntungan diantaranya ada motif memenuhi kebutuhan, motif sosial, motif penghargaan ataupun memperoleh kekuasaan.

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top