Mengapa Ekonomi Kreatif Penting Dibangun di Indonesia? - Quezzen

Senin, 07 Maret 2022

Mengapa Ekonomi Kreatif Penting Dibangun di Indonesia?

Memasuki zaman disrupsi atau revolusi industri 4.0, ada banyak sekali ekonomi kreatif yang berkembang dan bermunculan serta menjanjikan. Para anak muda kini mulai beradaptasi dengan perkembangan zaman dan menciptakan bisnis baru yang lebih inovatif serta menarik. 

Tidak hanya itu, kini semua orang tengah bersaing untuk memikat para calon konsumen dengan cara yang tidak biasa. Salah satu yang banyak dicoba dan dikembangkan oleh generasi muda saat ini yakni adalah ekonomi kreatif.

Mengapa Ekonomi Kreatif Penting Dibangun di Indonesia?

Apa Fungsi Ekonomi Kreatif? 

Ekonomi kreatif ini berfungsi untuk mewujudkan iklim bisnis yang lebih sempurna dari yang lalu dan membangun identitas serta Citra Bangsa. Selain itu, ekonomi kreatif juga dapat secara langsung membantu mengembangkan berbagai sumber daya terkini dan terbaru. 

Dengan adanya ekonomi kreatif, perekonomian akan sekaligus menghadirkan kreativitas dan inovasi di berbagai sektor termasuk sektor pariwisata. Dengan begitu sehingga keunggulan kompetitif suatu bangsa dapat nampak dan tercipta. 

Apa Saja Contoh Ekonomi Kreatif? 

Ada banyak sekali ekonomi kreatif yang tengah berkembang di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut: 

1. Tekhnologi 

Ekonomi kreatif yang paling banyak digeluti anak muda saat ini adalah teknologi. Salah satu contoh ekonomi kreatif pada bidang teknologi yang banyak digemari ini adalah game. Saat ini, bermain game dapat menghasilkan banyak uang yang sangat menjanjikan. Dengan demikian, kreativitas dan inovasi setiap penyuka game dituntut untuk terus berkembang sehingga dapat bersaing dan mengikuti inovasi pasar. 

2. Digital marketing 

Saat ini, semua orang seakan berlomba untuk membuat konten yang bagus untuk blog atau sosial media mereka sehingga menjadi Sumber penghasilan yang luar biasa dan mengalahkan pekerja kantoran. 

3. Kuliner 

Seiring dengan banyaknya cotent mukbang di sosial media, hal ini tentu menuntut para pebisnis kuliner untuk memunculkan inovasi baru dari masakan yang lama dan biasa. Kreativitas dituntut untuk para pebisnis kuliner agar dapat menarik para konsumen dengan kuliner yang tidak biasa dan pasaran. 

4. Fashion 

Berbicara tentang fashion tentu tidak akan ada habisnya. Hal ini karena Pakaian merupakan kebutuhan primer masyarakat dan akan terus berkembang setiap hari bahkan setiap detik, dunia fashion terus mengalami perubahan dan perkembangan yang signifikan. 

5. Kerajinan 

Kerajinan dalam bidang apapun tentang menuntut kreativitas yang luar biasa agar dapat menarik pembeli secara massal dan cepat. 

Mengapa Ekonomi Kreatif Penting Dibangun di Indonesia? 

Apabila ada pertanyaan tentang mengapa ekonomi kreatif penting di bangun di Indonesia, maka jawabannya adalah karena ekonomi kreatif dapat memberi dampak dan potensi yang besar dalam hal berikut: 

  1. Membantu dan memberikan kontribusi ekonomi yang . 
  2. Mengembangkan ekonomi yang berbasis kepada sumber daya yang baru. 
  3. Menciptakan kreativitas serta inovasi yang merupakan keunggulan kompetitif suatu bangsa. 
  4. Memberikan dampak sosial yang baik. 
  5. Terciptanya iklim bisnis yang positif 

Jika Anda bertanya tentang kenapa ekonomi kreatif layak untuk diterapkan di Indonesia, ya jawabannya karena di Indonesia ada banyak sekali potensinya.
Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top