Mengapa Pemerintah Memberikan Insentif Pada Sektor Pariwisata? - Quezzen

Kamis, 24 Februari 2022

Mengapa Pemerintah Memberikan Insentif Pada Sektor Pariwisata?

Beragam cara dilakukan pemerintah untuk mengenalkan sektor pariwisata Indonesia ke dunia internasional. Bahkan beberapa diantaranya ada kebijakan untuk memberikan insentif pada sektor tersebut.

Hal yang jadi pertanyaan adalah tentang mengapa pemerintah memberikan insentif pada sektor pariwisata? Tentunya bukan tanpa alasan, ada beberapa alasan yang membuat pemerintah mau memberikan insentif.

Apa Saja Bentuk Insentif yang Diberikan?

Salah satu bentuk insentif yang diberikan oleh pemerintah adalah dalam bentuk kucuran dana. Tentunya bantuan finansial ini jadi salah satu hal yang kemudian diberikan pada beberapa sektor di pariwisata.

Dalam dunia pariwisata, ada banyak sekali sektor yang berperan. Beberapa sektor yang dimaksud misalnya hotel, tempat wisata, tempat makan, dan banyak lagi lainnya tentunya.

Insentif Pada Sektor Pariwisata

Bentuk insentif yang diberikan juga tidak semata dalam bentuk uang. Akan tetapi bisa diberikan dalam bentuk voucher diskon dan juga lain sebagainya. Hal itu tidak lain dilakukan dengan beberapa tujuan. Selain itu juga ada bentuk insentif diskon kamar dan juga tiket pesawat.

Tujuan Pemerintah Memberikan Insentif Pada Sektor Pariwisata

Ada beberapa tujuan Kenapa pemerintah memberikan insentif pada sektor pariwisata. Apalagi di era pandemi seperti ini, tentunya ada beberapa tujuan yang diinginkan oleh pemerintah diantaranya:

1. Mengenalkan pariwisata lokal

Salah satu Tujuannya adalah untuk mengenalkan pariwisata lokal ke para turis yang ada di dunia internasional. Banyak sekali wisata lokal bahkan adat lokal yang kemudian bermunculan dan ingin dipopulerkan.

2. Membangkitkan ekonomi masyarakat

Ekonomi masyarakat lokal bisa berkembang dan bertumbuh jika kemudian pariwisata sektor ini ramai. Ketika ada banyak yang kemudian datang ke wilayah lokasi wisata tersebut, perputaran roda ekonomi akan berjalan.

3. Sektor pariwisata penyumbang devisa

Perlu diketahui juga ketika banyak turis datang langsung ke sektor pariwisata, pastinya itu bisa menjadi salah satu sumber penyumbang devisa. Pastinya pemerintah disini akan diuntungkan dengan adanya hal tersebut.

Jadi setidaknya itu adalah beberapa alasan mengapa pemerintah mencoba memberikan insentif pada sektor pariwisata di Indonesia.

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top