Mengapa Kita Harus Melestarikan Pakaian Adat? - Quezzen

Jumat, 18 Februari 2022

Mengapa Kita Harus Melestarikan Pakaian Adat?

Pakaian adat merupakan salah satu jenis dan model pakaian yang unik. Meskipun pakaian ini merupakan model buhun kuno, tapi sampai saat ini masih banyak yang kemudian memakainya.

Tentunya bukan karena mengikuti perkembangan zaman, tapi justru karena melestarikan pakaian tersebut. Sebagai generasi penerus, kita memang diharuskan untuk tetap melestarikan adat istiadat yang ada. Salah satu diantaranya jenis pakaian.

Mengapa Kita Harus Melestarikan Pakaian Adat

Alasan Mengapa Kita Harus Melestarikan Pakaian Adat

Ada beberapa alasan mengapa kita harus melestarikan pakaian adat berdasarkan versi quezzen. Beragam alasan tersebut tentunya berhubungan dengan nilai-nilai yang ada di dalam pakaian tersebut. Selain itu, alasannya bisa disimak di tabel berikut:

1. Warisan leluhur

Pakaian adat ini merupakan salah satu warisan leluhur. Para leluhur kita tentu menjadikan pakaian itu sebagai salah satu bagian yang berperan dalam mengukir sejarah. Mereka juga membangun pakaian tersebut sebagai salah satu karya Luhur.

2. Bukti sejarah

Adanya pakaian adat ini juga sebetulnya menjadi salah satu bukti sejarah. Pakaian tersebut telah mengukir sejarah yang kemudian mungkin cukup kelam pada waktu itu. Para leluhur kita berjuang untuk bisa hidup lebih baik.

3. Identitas suatu masyarakat

Adanya pakaian adat ini juga menjadi salah satu identitas suatu masyarakat. Para leluhur kita kemudian menjadikan pakaiannya sebagai identitas golongan bahkan suku di sebuah wilayah tertentu.

4. Tidak lupa dari mana kita berasal

Melestarikan pakaian adat juga bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk kita tidak melupakan dari mana kita berasal. Artinya memang kita memiliki latar belakang budaya dan adat dari para leluhur kita.

5. Penghormatan pada leluhur

Menggunakan pakaian adat dan melestarikannya juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghormati para leluhur. Kita menghormati para leluhur kita yang sudah berjuang dan menciptakan sejarah dengan adanya ukiran pakaian adat.

Jadi itu kiranya beberapa alasan kenapa kita harus melestarikan pakaian adat. Masih ada banyak alasan lainnya tentang hal tersebut. Bahkan kini banyak tenaga ke daerah tertentu yang mewajibkan beberapa pihak mulai dari sekolah, kantor, dan lainnya untuk menggunakan pakaian adat di hari tertentu. Bahkan tertuang dalam beberapa kebijakan surat keputusan.

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top