Bagaimana dengan Aktivitas Ekonomi Orang Tuamu? - Quezzen

Jumat, 18 Februari 2022

Bagaimana dengan Aktivitas Ekonomi Orang Tuamu?

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan segala sesuatu termasuk dalam bidang ekonomi. Ada banyak sekali aktivitas ekonomi yang dilakukan setiap orang. Apabila ada sebuah pertanyaan tentang bagaimana dengan aktivitas ekonomi orang tuamu? 

Maka jawabannya adalah lihat bagaimana jenis kegiatan ekonomi dalam keluargamu. Apabila orang tuamu seorang pedagang, maka jawabannya adalah aktivitas ekonomi orang tuaku termasuk dalam bidang aktivitas ekonomi pedagang. 

Aktivitas Ekonomi Orang Tuamu

Jawaban Tentang Aktivitas Ekonomi Orang Tuamu

Berikut dibawah ini akan kami jelaskan macam-macam aktivitas ekonomi yang banyak digeluti di Indonesia. 

1. Bertani 

Aktivitas ekonomi yang pertama adalah bertani. Seperti yang kita tahu bahwa di Indonesia ada banyak sekali petani yang tidak hanya membantu kita dalam mendapatkan beras dan bahan pokok lainnya, namun juga banyak sekali petani yang menghasilkan banyak uang dari kegiatan bertaninya. 

Menurut KBBI, petani berasal dari kata Tani yang artinya mata pencaharian dalam bentuk mengusahakan tanah dengan tanah menanam atau bercocok tanam. Adapun petani merupakan orang yang pekerjaannya bercocok tanam. Jadi apakah aktivitas orang tuamu bercocok tanam? Jika benar, maka jawaban untuk pertanyaan Bagaimana dengan aktivitas orangtuamu? maka jawabannya adalah aktivitas ekonomi orang tuaku adalah bertani. 

2. Pariwisata 

Adapun aktivitas ekonomi yang kedua adalah pariwisata. Beberapa contoh kegiatan aktivitas ekonomi pariwisata adalah sebagai pemandu wisata, memiliki toko oleh-oleh, warung makan, penginapan dan dan menyediakan jasa penyewaan bus. 

3. Peternak 

Peternak yaitu kegiatan memelihara hewan ternak yang dimaksudkan untuk usaha dan diperjualbelikan. Salah satu kegiatan ekonomi yang paling populer dalam bidang peternakan yaitu memelihara ayam dalam jumlah banyak yang kemudian bisa dimanfaatkan atau dijual telur dan dagingnya. Tidak hanya ayam, ternak ikan Atau lele juga merupakan aktivitas ekonomi yang banyak digeluti oleh para masyarakat. 

4. Industri 

Industri merupakan sebuah kegiatan ekonomi yang mengolah bahan mentah, barang setengah jadi, dan atau bahan baku untuk didaur menjadi barang yang dengan nilai tinggi. Beberapa contoh kegiatan aktivitas ekonomi industri yaitu makanan kaleng, obat-obatan, hingga industri tekstil.

5. Perkebunan 

Perkebunan merupakan suatu kegiatan ekonomi bercocok tanam dengan jangka waktu yang tidak terlalu lama. Biasanya perkebunan tanaman dibagi menjadi dua jenis yaitu tanaman musiman dan tahunan. Ada banyak sekali tanaman hasil perkebunan yang populer di Indonesia Seperti kentang, wortel, buncis, dan sayur-mayur lainnya. Adapun untuk lokasi tempat perkebunan yang paling banyak digunakan adalah lokasi yang terdapat di pegunungan dengan cuaca yang dingin. Tidak hanya sayur-mayur, Indonesia terkenal dengan perkebunan kelapa sawit yang penghasilannya sangat menjanjikan.

6. Pedagang 

Aktivitas ekonomi selanjutnya adalah pedagang. Segala sesuatu yang dapat diperjualbelikan dari mulai makanan, minuman, fashion, segala keperluan lainnya hingga jasa bisa dikategorikan sebagai aktivitas ekonomi pedagang.

Jadi sebaiknya memang kita menghargai beragam profesi dan aktivitas ekonomi ini. Sama halnya dengan menghargai keberagaman beragama yang ada di indonesia. Jangan malu jika ditanya aktivitas orang tua, hargai mereka dengan menuliskan yang sebenarnya. 

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top