Bagaimana Cara Menghargai Keberagaman Agama yang Ada? - Quezzen

Jumat, 04 Februari 2022

Bagaimana Cara Menghargai Keberagaman Agama yang Ada?

Keberagaman budaya dan agama di Indonesia menjadi salah satu keindahan. Akan tetapi terjadi sikap intoleransi. Oleh karena itu sejak awal memang semua orang termasuk anak-anak harus diajarkan tentang cara menghargai keberagaman agama yang ada.

Sikap saling menghargai itu menjadi salah satu bagian penting untuk membuat tatanan hidup sosial kita berjalan dengan lancar tentram dan aman. Tidak ada perselisihan yang berujung pada bentrokan ataupun juga kehidupan yang tidak baik di masyarakat.

Menghargai Keberagaman Agama

Jumlah agama yang ada di Indonesia dan diakui cukup banyak di Indonesia. Sebut saja Misalnya ada Islam, kristen, protestan, hindu, muda dan lain sebagainya. Oleh karena itu sesama penganut Agama diharuskan untuk saling menghargai dan menghormati orang lain dan tidak mengganggu.

Cara Menghargai Keberagaman Agama yang Ada

Hal yang mungkin jadi pertanyaan itu baik dalam kehidupan sehari-hari juga dalam mengisi soal, sebetulnya banyak hal yang bisa dilakukan. Ada banyak hal yang bisa dilakukan sebagai cara menghargai keberagaman agama yang ada.

Beberapa hal yang dimaksud itu diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Tidak memaksakan pendapat dan kepercayaan

Hal pertama perlu dilakukan adalah bahwa kita tidak boleh memaksakan pendapat dan kepercayaan kita pada orang yang berbeda agama. Meskipun kita misalkan percaya pada agama kita tentang beberapa hal yang ada di dalamnya, tapi tidak diperbolehkan untuk memaksakan kepercayaan kita pada orang lain yang berbeda agama terutama.

2. Berteman tanpa memandang latar belakang agama

Kemudian juga kita bisa berteman dengan siapa saja tanpa harus memperhatikan latar belakang agama. Artinya kita tidak boleh pilih-pilih teman karena memang semua teman sama dalam satu Indonesia justru akan jadi keindahan jika kita berteman dengan latar belakang agama yang baru.

3. Saling menolong tanpa melihat latar belakang agama

Menolong juga tidak boleh melihat latar belakang agama. Orang yang memang pantas untuk ditolong maka sebaiknya kita tolong saja tanpa melihat agamanya apa. Bahkan nah ini adalah salah satu bagian penting untuk kita ber hidup sosial.

4. Tidak mengganggu ibadah agama orang lain

Lanjutnya juga kita tidak boleh melarang atau mengganggu ibadah agama orang lain. Biarkan saja mereka melakukan ibadah sesuai dengan kepercayaannya masing-masing dan kita tidak boleh berikut campur.

5. Tidak komentar terhadap agama lain lebih dalam

Disarankan juga untuk kita Tidak berkomentar lebih dalam mengenai agama lain dan kepercayaan lebih dalam. Hal itu justru yang kemudian membuat kita "lompat pagar" mengomentari sesuatu yang mungkin bahkan kita tidak paham betul tentang itu.

Jadi setidaknya itu beberapa langkah dan juga cara menghargai keberagaman agama yang ada. Semoga dengan mengetahui beberapa hal diatas bisa membuat hidup kita makin rukun Maksudnya di Indonesia,

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top