Apa yang Menyebabkan Perubahan Pada Masa Pubertas? - Quezzen

Kamis, 03 Februari 2022

Apa yang Menyebabkan Perubahan Pada Masa Pubertas?

Pada masa peralihan dari remaja ke dewasa biasanya kita mengalami masa pubertas. Pada masa ini, ada beragam perubahan yang terjadi. Nah yang jadi pertanyaan adalah tentang apa yang menyebabkan perubahan pada masa pubertas tersebut?

Perubahan yang terjadi ini tentu meliputi banyak hal. Perubahan itu terjadi pada bagian fisik ataupun juga mental serta psikologikal baik anak perempuan ataupun juga laki-laki. Pastinya semua itu dipengaruhi oleh banyak faktor tertentu.

Apa Itu Pubertas?

Berdasarkan pengertian, pubertas adalah masa peralihan dari anak-anak atau remaja ke dewasa. Perubahan ini biasanya juga harga merupakan bagian dari.e laki-laki tumpuan yang sedang menjalani proses pematangan seksual.

Perubahan Pada Masa Pubertas

Beberapa Perubahan pada Masa Pubertas

Pada masa pubertas ini, biasanya memang ada beberapa perubahan yang terjadi. Perubahan itu terjadi pada beberapa bagian pada tubuh sehingga kemudian menjadi salah satu bagian kontras terlihat adanya peralihan dari anak-anak ke remaja atau dewasa.

Lalu apa saja dan pada bagian apa saja perubahan yang terjadi? Berikut adalah diantaranya:

1. Perubahan fisik

Pertama tentu terjadi pada bagian fisik. Perubahan fisik pada masa peralihan ini ini bisa dilihat dari perubahan proporsi badan. Biasanya hal itu bisa dilihat dari bagian bahu ataupun pinggul yang lebar. Selain itu juga tinggi badan tentunya mempengaruhi dan menjadi ciri yang cukup menonjol bahkan berkembang cepat terutama di usia Hingga 15 tahun.

2. Perubahan kelenjar

Perubahan selanjutnya ada pada bagian kelenjar seks baik itu primer ataupun juga sekunder. Salah satu kelenjar yang paling berpengaruh tentunya adalah berhubungan dengan kelenjar endokrin yang merupakan bagian dari kelenjar penting dalam pertumbuhan.

3. Perubahan organ seks

Kemudian juga perubahan selanjutnya bisa dilihat dari adanya perubahan pada bagian organ seks. Biasanya pada ada pria itu bagian testis berkembang penuh pada usia 20 sampai 21 tahun. Sementara usia 14 tahun itu masih belum.

Apa Saja yang Menyebabkan Perubahan Pada Masa Pubertas?

Hal yang menjadi pertanyaan utama tentang artikel ini adalah tentang apa yang menyebabkan perubahan pada masa pubertas. Sebetulnya memang ada beberapa faktor penyebab namun hal yang paling utama tentu disebabkan oleh beberapa hal.

Masa pubertas pada laki-laki atau perempuan-perempuan terjadi karena dipengaruhi oleh perubahan pada kelenjar endokrin. Kelenjar ini memang memiliki peranan dan manfaat yang sangat penting di dalam pertumbuhan.

Kelenjar endokrin memiliki peran dan berkaitan dengan pertumbuhan sekaligus juga kematangan. Sementara itu kelenjar tersebut merupakan salah satu kelenjar yang bersumber dari kelenjar pituitari dan itu berada di bagian dasar otak. Kelenjar pituitari sendiri merupakan salah satu kelenjar yang menyatu terbentuk secara bersamaan dengan kelenjar seks dan juga gonad.

Dengan kata lain juga dikatakan bahwa masa pubertas ini merupakan salah satu masa usia remaja yang terjadi perubahan baik sekunder atau pun juga Premier. Perubahan tersebut pada masa pubertas biasanya diakibatkan karena mulai aktifnya hormon reproduksi yaitu hormon testosteron pada laki-laki dan estrogen pada perempuan.

Jadi itu beberapa penjelasan penting mengenai faktor penyebab sekaligus pertanyaan tentang apa yang menyebabkan perubahan pada masa pubertas. Semoga membantu

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top