Apa Saja yang Harus Diperhatikan Saat Menari Berpasangan? - Quezzen

Kamis, 12 Mei 2022

Apa Saja yang Harus Diperhatikan Saat Menari Berpasangan?

Apa saja yang harus diperhatikan saat menari berpasangan? - Menari berpasangan merupakan salah satu jenis tari yang dimainkan oleh dua penari yang saling bekerjasama dan melengkapi. Kedua penari tersebut bisa terdiri dari perempuan dan perempuan, laki-laki dan laki-laki, dan terdiri dari laki-laki dan perempuan atau lawan jenis. 

Ada banyak sekali tarian yang dilakukan secara berpasangan dengan sesama jenis ataupun lawan jenis. Salah satu contoh tari berpasangan yang dilakukan oleh perempuan dan perempuan adalah Tari Retno Ngayudo dari daerah Jawa Tengah. 

Apa Saja yang Harus Diperhatikan Saat Menari Berpasangan?

Adapun Tari yang dilakukan berpasangan antara laki-laki dan laki=-laki dalah tari Uluk Ambek yang berasal dari daerah Aceh. Sedangkan salah satu contoh tarian yang dilakukan berpasangan antara laki-laki dan perempuan adalah tari Rama dan Sinta yang berasal dari Jawa Tengah. 

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menari Berpasangan

Tarian yang dilakukan secara berpasangan tentu memiliki kesulitan tersendiri dalam melakukannya dibandingkan dengan tarian yang dilakukan secara individu atau sendirian. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menari berpasangan agar terlihat kompak dalam pertunjukannya. 

1. Harus bekerja sama 

Hal pertama yang harus dilakukan oleh para penari berpasangan yakni adalah harus adanya kerjasama. Hal ini penting karena dengan kerjasama segala sesuatu dapat berjalan dengan baik, begitupun dalam melakukan tarian berpasangan.

2. Harus Kompak 

Selanjutnya adalah harus kompak. Kekompakan dalam tari berpasangan tentu harus dibangun agar gerakan yang dilakukan sesuai dengan ritme tanpa melakukan kesalahan dan atau saling mendahului. 

3. Harus membangun keharmonisan 

Dua orang penari yang melakukan tarian berpasangan tentu harus memiliki hubungan yang baik atau harmonis. Chemistry keduanya tentu harus dibangun demi menampilkan tarian yang natural dan luwes. 

4. Harus berpenampilan serasi 

Salah satu yang tidak boleh dilupakan dalam melakukan tarian berpasangan adalah memiliki penampilan yang serasi. Penampilan yang serasi sangat penting untuk keindahan visual dan bisa membantu saling menutupi kekurangan pasangan. 

5. Harus menghayati setiap gerakannya yang diperagakan 

Berikutnya adalah harus menghayati setiap gerakan yang diperagakan. Penghayatan dalam setiap gerakan tari tentu diperlukan agar semakin memukau. 

6. Pembagian tugas yang tepat 

Yang terakhir adalah pembagian tugas yang tepat. Pembagian tugas antara 2 penari yang akan melakukan tarian berpasangan tentu sangatlah penting agar bermanfaat bagi keduanya. Selain itu, pembagian tugas yang tepat dapat menyampaikan pesan dari tiap gerakan yang ditampilkan agar sampai kepada para penonton yang sedang menyaksikan pertunjukan tarian berpasangan tersebut.

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top