Apakah yang Dimaksud dengan Kerukunan? Arti dan Manfaat - Quezzen

Kamis, 26 Mei 2022

Apakah yang Dimaksud dengan Kerukunan? Arti dan Manfaat

Kerukunan merupakan sikap saling menghargai, saling mengakui, dan saling toleransi antar sesama manusia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Adapula yang mengartikan bahwa kerukunan adalah sebuah situasi yang damai, tentram, dan bersatu tanpa adanya sebuah perselisihan. 

Sebagai manusia yang tidak bisa hidup sendiri atau biasa disebut dengan makhluk sosial, maka otomatis kita harus selalu menjaga kerukunan sesama manusia agar terciptanya kedamaian dalam hidup keberagaman kita. Tidak hanya itu, ketika kita menjaga kerukunan dengan teman, saudara, tetangga, dan bahkan orang-orang yang baru pertama kali kita kenal, maka akan banyak sekali manfaat baik yang kita dapatkan. 

Apakah yang Dimaksud dengan Kerukunan?

Sebutkan Manfaat Hidup Rukun! 

Ada banyak sekali manfaat yang akan kita rasakan ketika kita hidup rukun antar sesama manusia di dalam hubungan bermasyarakat. Dibawah ini akan kami ulas mengenai beberapa manfaat hidup rukun. 

1. Terhindar dan Jauh dari Konflik 

Hal pertama yang akan kita rasakan ketika kita hidup rukun maka otomatis akan jauh dari konflik dan masalah yang muncul dalam kehidupan sehari-hari kita. 

2. Terjalinnya Tali Persaudaraan 

Tidak hanya akan jauh dari masalah yang muncul sesama manusia, hidup rukun juga dapat membuat tali persaudaraan semakin erat dan kuat. 

3. Hidup akan lebih Damai dan Sejahtera 

Manfaat dari hidup rukun selanjutnya adalah akan memiliki hidup yang lebih damai dan sejahtera. Tentu saja kedamaian dan kesejahteraan akan lebih mudah didapatkan ketika kita hidup rukun antar tetangga, teman, dan semua orang yang ada di sekitar kita. 

4. Hidup akan lebih Tenang dan Mudah Mendapatkan Bantuan 

Ketika kita menjaga kerukunan antar masyarakat, maka otomatis kita akan lebih tenang dan apabila mendapatkan kesulitan, akan lebih mudah mendapatkan bantuan. 

5. Lingkungan akan lebih Aman, Nyaman, dan Toleran 

Manfaat terakhir yang akan kita dapatkan ketika kita hidup rukun adalah lingkungan akan lebih aman, nyaman, dan toleran. Memiliki lingkungan yang aman, nyaman, dan toleran tentu menjadi dambaan setiap orang. Dan hal tersebut tentu akan terwujud ketika kita hidup rukun dan menghindari konflik antar sesama.


Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top