Bagaimana Agar Keberagaman di Indonesia Tidak Menimbulkan Perpecahan? - Quezzen

Kamis, 26 Mei 2022

Bagaimana Agar Keberagaman di Indonesia Tidak Menimbulkan Perpecahan?

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa negara Indonesia ini sangat kaya akan segala hal mulai dari agama, bangsa, bahasa, adat, budaya, tradisi, adat istiadat, etnis, dan masih banyak lagi keragaman yang lainnya. 

Keragaman yang kita miliki tersebut merupakan warisan dari nenek moyang yang harus kita jaga dan lestarikan. Jangan sampai keragaman yang kita miliki tersebut menjadi pemecah belah atau sumber masalah yang bisa menimbulkan perpecahan antar bangsa. Justru sebaliknya, keragaman yang kita miliki harus menjadi identitas penguat bangsa. 

Bagaimana Agar Keberagaman di Indonesia Tidak Menimbulkan Perpecahan?

Bagaimana Upaya Agar Keberagaman di Indonesia Tidak Menimbulkan Perpecahan Bangsa? 

Mengenai identitas Indonesia yang kaya dan ragam akan perbedaan, ada beberapa pertanyaan yang muncul mengenai hal tersebut. Diantaranya adalah bagaimana upaya agar keberagaman di Indonesia tidak menimbulkan perpecahan bangsa? 

Untuk menghindari adanya perpecahan bangsa karena adanya keragaman, maka kita dapat melakukan upaya-upaya berikut: 

1. Lebih mendahulukan kepentingan umum 

Salah satu upaya yang bisa kita lakukan untuk menghindari perpecahan antar bangsa karena adanya keragaman adalah dengan lebih mendahulukan kepentingan umum dibandingkan dengan kepentingan pribadi. Hal ini penting untuk mempererat kerukunan antara sesama dan terhindar dari perpecahan antar masyarakat dan antar bangsa. 

2. Meningkatkan rasa empati, toleransi, dan saling tolong menolong 

Selanjutnya adalah meningkatkan rasa empati, toleransi, saling tolong-menolong. Dengan adanya hal tersebut, maka otomatis hidup kita akan damai, tenang, dan jauh dari perpecahan atau perselisihan. 

3. Saling menghargai perbedaan 

Salah satu hal yang penting yang harus kita lakukan untuk menghindari perpecahan karena perbedaan adalah harus saling menghargai. Jangan sampai kita Mengusik atau mengganggu semua hal yang berbeda dengan kita agar tidak terjadi perpecahan. 

4. Membangun rasa kebersamaan antar masyarakat 

Upaya terakhir yang dapat kita lakukan untuk menghindari perpecahan bangsa adalah dengan membangun rasa kebersamaan antara masyarakat. Hal tersebut bisa dimulai dari hal yang kecil yakni dilakukannya gotong royong dan kerja bakti di lingkungan sekitar kita. 

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top