Apa Bedanya Allah dengan Yesus versi Islam, Kristen & Yahudi? - Quezzen

Jumat, 06 Mei 2022

Apa Bedanya Allah dengan Yesus versi Islam, Kristen & Yahudi?

Mungkin banyak diantara kita yang masih bingung membedakan antara Allah dan Yesus. Beberapa diantaranya menganggap bahwa keduanya itu sama, tapi beberapa diantara lain menganggap itu berbeda. Nah Oleh karena itu kita berikan jawaban atas pertanyaan apa bedanya allah dengan yesus dalam artikel ini.

Perlu diketahui bahwa pandangan terhadap kedua hal tersebut tentunya berbeda-beda. Pandangan tersebut itu harus dilihat dari latar belakang sejarah nya terlebih dahulu. Pandangan islam misalnya terhadap Yesus tentu berbeda dengan pandangan agama lainnya.

Apa Bedanya Allah dengan Yesus

Perbedaan Allah dengan Yesus Menurut Berbagai Agama

Nah disini kita akan coba bahas tentang perbedaan antara Allah dan Yesus menurut pandangan berbagai agama. Tentunya ada beberapa perbedaan antara satu dengan yang lainnya yang harus dipahami dan diketahui terlebih dahulu.

1. Perbedaan penyebutan Tuhan menurut berbagai agama

  • Islam: Islam menyebut nama Tuhan Dengan nama Allah karena sesuai dengan bahasa Arab
  • Kristen: Kristen menyebut nama Tuhan dengan Allah juga karena terjemahan dari kata "god"
  • Yahudi: Yahudi menyebut nama Tuhan dengan kata "YHWH"

Jadi nama Allah sendiri sebetulnya adalah penyebutan Untuk Tuhan bagi Agama Islam dan juga Kristen. Beberapa di antaranya ada yang mengkritik umat Kristen menyebut nama Allah karena sama dengan nama tuhan orang islam. Namun memang tidak ada sinonim lain yang mengartikan nama "god" selain dengan kata Allah.

2. Yesus menurut beberapa agama

Kemudian juga perlu diketahui bahwa Yesus menurut beberapa agama jika memiliki pandangan atau arti yang berbeda. Pandangan berbeda berdasar latar belakang agama ini jadi salah satu hal yang wajar.

  • Islam: Dalam Islam, yesus adalah nabi yang diutus Allah untuk mengajak manusia beribadah kepadanya. Yesus ini dalam sejarah Islam adalah Nabi Isa yang dipercaya belum mati namun dipanggil Allah ke atas langit. Nanti nabi Isa akan turun kembali untuk bunuh Dajjal.
  • Kristen: Yesus menurut Kristen adalah ah orang Israel dari suku Yehuda dan merupakan keturunan Raja Daud. Menurut Kristen, yesus adalah juruselamat yang mati disalib kemudian bangkit untuk naik ke surga.
  • Yahudi: Yesus dalam pandangan Yahudi adalah seseorang yang hidup di dalam tradisi Yahudi dan bukan seorang juru penyelamat. Menurut pandangan Yahudi Yesus hanyalah seorang mesias palsu di dalam sejarah yang mengaku sebagai raja Yahudi dan kemudian mati disalib sebagai hukuman.

Jadi begitulah berbagai pandangan mengenai jawaban atas pertanyaan apa bedanya allah dengan yesus. Semoga jawaban tersebut bisa membantu memberikan pencerahan dan penjelasan untuk anda semua.

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top