Mengapa Budaya Memiliki Sifat yang Dinamis? - Quezzen

Jumat, 15 April 2022

Mengapa Budaya Memiliki Sifat yang Dinamis?

Segala hal yang bersifat dinamis tentu erat kaitannya dengan hal yang aktif bergerak dan berubah dengan cepat. Dalam hal ini, Budaya dikatakan memiliki sifat dinamis yakni adalah sebuah kebudayaan yang selalu berubah dengan tanpa adanya "gangguan" dari budaya lain baik kebudayaan dalam negeri maupun kebudayaan asing. Kendati demikian kebudayaan atau budaya dapat dan akan berubah seiring dengan perubahan zaman dan berjalannya waktu. 

Segala hal mengenai budaya seringkali menarik untuk dibahas dan dalam artikel ini kita akan membahas mengapa budaya dikatakan memiliki sifat yang dinamis.

Mengapa Budaya Dikatakan Memiliki Sifat Dinamis?

Mengapa Budaya Dikatakan Memiliki Sifat yang Dinamis? 

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab Mengapa budaya dikatakan memiliki sifat yang dinamis, diantaranya adalah sebagai berikut: 

1. Budaya merupakan cerminan dari kebiasaan dan rutinitas suatu daerah 

Alasan pertama Mengapa budaya dikatakan memiliki sifat dinamis yakni adalah karena budaya merupakan cerminan dari kebiasaan dan rutinitas masyarakat suatu daerah asal suatu budaya tersebut. Dengan kata lain, budaya dan kebudayaan dari suatu daerah tertentu seperti rumah adat tercipta atas dasar kebiasaan dan rutinitas masyarakat dalam satu kelompok atau daerah.

2. Mengikuti perkembangan zaman 

Mengapa budaya bersifat dinamis karena memang budaya harus mengikuti perkembangan zaman agar selalu diterima oleh setiap kalangan dan generasi muda. Hal ini penting agar kebudayaan dari suatu daerah tersebut tetap lestari di tengah gempuran kebudayaan asing yang kian merajalela dan terasa bias melokal.

3. Mempertahankan nilai-nilai kearifan lokal 

Alasan terakhir Mengapa budaya dikatakan memiliki sifat dinamis adalah karena mempertahankan nilai-nilai kearifan lokal. Suatu budaya dari suatu daerah tentu harus sejalan dengan kearifan lokal zaman sekarang. Hal ini karena memang agar suatu budaya atau kebudayaan tidak lenyap dan dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat tidak hanya masyarakat zaman dulu tapi juga kalangan masyarakat saat ini. 

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top