Apa yang Menyebabkan Bentuk Rumah Adat Bermacam-macam? - Quezzen

Selasa, 01 Maret 2022

Apa yang Menyebabkan Bentuk Rumah Adat Bermacam-macam?

Dikutip dari Taylor, kebudayaan merupakan sistem kompleks yang mencakup kepercayaan, kesenian, moral, adat istiadat, hukum, kemampuan, hingga seluruh kebiasaan yang didapatkan manusia sebagai satu kesatuan sistem anggota masyarakat. 

Adapun Budaya Indonesia merupakan seluruh kebudayaan secara nasional meliputi kebudayaan lokal maupun kebudayaan asing yang dibawa oleh pendatang atau non pribumi sebelum adanya masa kemerdekaan. 

Kebudayaan yang ada di Indonesia tidak hanya meliputi kepercayaan, bahasa, dan adat istiadat, namun ada juga bentuk rumah tiap daerah yang menjadi ciri khasnya. 

Bentuk Rumah Adat Bermacam-macam

Diketahui bahwa Indonesia merupakan negara yang sangat kaya dari berbagai aspek. Tidak hanya dari segi bahasa, pakaian adat dan kebudayaan yang dimiliki setiap daerah, indonesia juga memiliki bentuk rumah adat yang bermacam-macam sebagai pembeda dari suatu daerah tertentu. 

Apa itu rumah adat? 

Rumah adat merupakan rumah tradisional yang dibangun dengan cara yang sama dari generasi ke generasi dan tanpa atau hanya sedikit sekali mengalami perubahan. Perbedaan suku dan budaya serta kebiasaan dalam kehidupan tiap daerah membuat bentuk rumah adat beragam dan bermacam-macam. Keragaman ini tentu menjadi Nilai plus dan kekuatan bangsa Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara lain.

Apa yang menyebabkan bentuk rumah adat bermacam-macam? 

Di bawah ini kita akan mengulas tentang alasan bentuk rumah adat bermacam-macam; 

1. Akulturasi budaya 

Penyebab pertama mengapa bentuk rumah adat bermacam-macam adalah karena adanya akulturasi budaya. Akulturasi budaya merupakan suatu proses sosial yang timbul Ketika suatu kelompok dengan kebudayaan tertentu dihadapkan dengan suatu kebudayaan yang asing. Hingga pada akhirnya kebudayaan asing tersebut diserap atau diterima dan dimasukkan ke dalam budayanya sendiri tanpa menyebabkan budaya asli kelompok tersebut hilang atau terganti.  

2. Perbedaan tempat tinggal, keadaan sekitar dan struktur wilayah. 

Yang kedua adalah karena perbedaan tempat tinggal, keadaan sekitar dan struktur wilayahnya. Struktur wilayah serta tempat tinggal tentu sangat mempengaruhi bangunan bentuk rumah adat yang bermacam-macam sesuai keadaan di sekitarnya.

3. Perbedaan geografis dan iklim daerah 

Yang ketiga adalah perbedaan geografis dan iklim daerah. Pada awal mulanya tentu rumah adat dibangun berdasarkan letak geografis dan iklim suatu daerah tersebut. Mengingat Indonesia memiliki pegunungan yang sangat luas dan juga daerah pantai yang tidak kalah luas, maka rumah adatnya-pun menyesuaikan dengan keadaan geografis dan iklim daerah yang bersangkutan.

4. Perbedaan latar belakang nenek moyang 

Penyebab selanjutnya yang membuat rumah adat di Indonesia bermacam-macam adalah karena latar belakang nenek moyang. Diketahui memang setiap daerah memiliki latar belakang nenek moyang yang tidak sama. Hal demikian tentu mempengaruhi tentang pembangunan rumah tradisional suatu daerah yang ada di Indonesia.

5. Perbedaan Kepercayaan 

Seperti diketahui bahwasanya di Indonesia ini memiliki beberapa kepercayaan dan agama. Nilai religius tentu juga mempengaruhi keragaman rumah adat di Indonesia. Apalagi biasanya dalam suatu rumah memang terdapat ruangan khusus untuk ritus religius. Dengan demikian, perbedaan kepercayaan tentu sangat berpengaruh terhadap adanya rumah adat Indonesia yang beragam dan bermacam-macam.

6. Perbedaan Profesi pekerjaan 

Penyebab rumah adat di Indonesia bermacam-macam selanjutnya adalah karena perbedaan profesi pekerjaan. Bila ditinjau , profesi pekerjaan ini pasti akan berhubugan dengan tingkat ekonomi. Dengan kata lain, aktivitas ekonomi atau profesi pekerjaan seseorang bahkan suatu daerah tentu akan mempengaruhi banyak hal termasuk rumah adat yang dimilikinya. 

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top