Mengapa Umat Islam Diwajibkan Berdakwah? - Quezzen

Rabu, 16 Maret 2022

Mengapa Umat Islam Diwajibkan Berdakwah?

Salah satu alasan mengapa agama Islam tersebar ke seluruh dunia adalah karena adanya cara dakwah dalam penyebarannya. Tidak hanya diwajibkan untuk ulama atau orang yang sudah memiliki ilmu agama yang mempuni. 

Akan tetapi orang biasa juga diwajibkan untuk melakukan dakwah atau menyampaikan ajaran agama dan kebaikan meski hanya satu ayat. 

Mengapa Umat Islam Diwajibkan Untuk Berdakwah?

Mengapa Umat Islam Diwajibkan Untuk Berdakwah? 

Jawaban dari pertanyaan mengapa umat Islam diwajibkan untuk berdakwah adalah sebagai berikut: 

1. Karena sesuai dengan Hadits yang mengharuskan untuk menyampaikan meski satu ayat.

Hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari tersebut menyerukan kepada kita bahwa kita harus menyampaikan pengetahuan dan kebaikan meskipun hanya satu ayat. Dengan demikian, jangan malu untuk berbagi kebaikan meskipun kita belum termasuk orang yang memiliki ilmu mumpuni.

2. Karena dakwah merupakan ajakan untuk bertaqwa dan senantiasa melaksanakan perintahnya dan menjauhi segala yang menjadi larangan Allah SWT. 

Dakwah dalam konteks agama Islam tentu merupakan sebuah ajakan untuk lebih bertaqwa kepada Allah SWT. dan meraih surga di akhirat kelak.

3. Dakwah dapat menjauhkan seseorang dari kemusyrikan dan menyekutukan Tuhan. 

Seiring dengan perkembangan teknologi, zaman, dan waktu, saat ini menyekutukan Tuhan tidak hanya berfokus pada penyembahan berhala namun juga banyak hal. Salah satu yang beberapa waktu lalu viral adalah adanya spirit Doll yang bisa jadi dapat menggoyahkan iman seseorang kepada kemusyrikan dan penyekutuan terhadap Tuhan.

4. Isi dakwah dapat menyeru setiap manusia untuk beribadah secara menyeluruh. 

Pada dasarnya dakwah merupakan penyampaian ilmu. jadi, dakwah dapat mengubah dari seseorang yang belum tahu menjadi tahu, dan dari bodoh menjadi pandai. 

5. Menambah silaturahmi dan memperbanyak ilmu. 

Adanya majelis dakwah juga tidak hanya dapat memperbanyak ilmu namun juga menambah dan menjalin silaturahmi sama umat muslim. 

6. Menjalin persaudaraan antar manusia. 

Beberapa alasan mengapa kita diwajibkan untuk berdakwah dan menyampaikan kebaikan adalah kita dapat secara tidak langsung menjalin persaudaraan sesama manusia dan makhluk Tuhan yang sama-sama mengejar Ridho-NYA.

7. Mendapatkan pahala karena senantiasa saling menasehati dalam kebajikan dan kesabaran. 

Puncak dari kewajiban berdakwah bagi setiap muslim adalah akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. karena telah saling menasehati dalam kebajikan dan juga kesabaran. Tentu saja hal demikian akan mengantarkan kepada kebaikan dan kemaslahatan. 

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top