Mengapa Kita Harus Memiliki Sifat Jujur? - Quezzen

Rabu, 16 Maret 2022

Mengapa Kita Harus Memiliki Sifat Jujur?

Jujur adalah kesesuaian antara hal yang diucapkan dengan perbuatan. Dengan kata lain, jujur artinya adalah dapat dipercaya serta berbicara sesuai dengan kenyataan dan apa adanya tanpa ditambahi dengan dusta.

Jujur ini merupakan induk dari akhlak terpuji yang akan membawa bawa kebaikan. Hal ini karena memang orang yang memiliki kejujuran tentu dapat dipercaya dalam mengemban amanah apapun.

Mengapa Kita Harus Memiliki Sifat Jujur?

Jawaban Mengapa Kita Harus Memiliki Sifat Jujur

Sebagai manusia yang memiliki interaksi sosial sesama makhluk Tuhan, tentu kita dituntut harus memiliki dan menanamkan sifat jujur pada diri kita pribadi. Sifat jujur menurut dakwah dapat membawa banyak manfaat bagi diri kita sendiri. Inilah dia beberapa alasan mengapa kita harus bersikap jujur.

1. Dipercaya oleh banyak orang.

Hal pertama yang akan kita dapatkan dari sifat jujur adalah dipercaya oleh banyak orang. Memiliki sifat jujur merupakan suatu jalan agar kita memiliki simpati dan jaringan yang luas antar masyarakat. Salah-satu contoh misal dalam bidang perekonomian, orang yang memiliki sifat jujur tentu akan unggul dalam hal pekerjaan ataupun berdagang, dibanding dengan orang yang sering mengucapkan banyak dusta.

2. Memiliki banyak teman.

Dapat dipastikan semua orang pasti menyukai orang yang memiliki sifat jujur. Hal tersebut otomatis akan membuat orang yang bersifat jujur memiliki banyak teman. Memiliki banyak teman tentu akan membawa banyak manfaat bagi kita dalam menjalankan kehidupan.

3. Membuat hidup lebih tenang.

Sipat jujur akan membuat hidup lebih tenang karena dipastikan orang yang jujur tidak akan memiliki musuh atau masalah dari apa yang ia perbuat dan hal yang ia ucapkan.

4. Dapatkan pahala dari Allah SWT.

Selain disenangi banyak orang, berbuat Jujur juga pastinya akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Karena jujur merupakan anjuran dan perintah dalam Alquran dan Alhadist. Dengan demikian, amalan sifat jujur tentu akan mendapatkan ganjaran dan pahala dari Allah SWT.

5. Dimuliakan di dunia dan di akhirat

Orang yang memiliki sifat jujur dan tidak pernah bohong mengenai sesuatu, otomatis ia akan dimuliakan di dunia dan juga di akhirat. Hal ini karena setiap orang tidak suka terhadap orang yang berdusta atau berbohong.

Sebaliknya, setiap orang pasti akan menyukai dan simpati pada orang yang memiliki sifat jujur. Karena itu, orang yang memiliki sifat jujur akan mendapatkan tempat yang mulia di hati semua orang dan tentunya juga di ridhoi oleh Allah SWT.

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top