Mengapa Musyawarah Jadi Wujud Persatuan dan Kesatuan? - Quezzen

Jumat, 11 Maret 2022

Mengapa Musyawarah Jadi Wujud Persatuan dan Kesatuan?

Saat ini, musyawarah erat kaitannya dengan dunia politik dengan mengusung sistem demokrasi. Dalam demokrasi Pancasila, musyawarah dilakukan untuk mencapai mufakat dengan cara yang lebih praktis dengan menggunakan mekanisme penentu pendapat dalam sistem demokrasi tersebut.

Jadi, saat ini musyawarah merupakan langkah dan cara yang tepat untuk menyelesaikan sebuah persoalan guna menghindarkan pertikaian yang tidak diharapkan. Kita bisa hidup tertib damai jika menjalankan musyawarah dengan baik. 

Musyawarah Merupakan Salah Satu Wujud Persatuan dan Kesatuan

Apa itu Musyawarah?

Musyawarah berasal dari bahasa Arab yakni dari kata syawara yang memiliki arti mengatakan, rembuk, berunding dan atau mengajukan sesuatu. Pada zaman yang sudah modern ini, musyawarah bahkan dapat diartikan sebagai demokrasi.

Dengan kata lain musyawarah merupakan suatu upaya yang dilakukan secara bersama-sama dengan sikap yang rendah hati untuk memecahkan suatu persoalan dengan mengambil keputusan untuk menyelesaikan permasalahan yang tengah dimusyawarahkan.

Mengapa Musyawarah Merupakan Salah Satu Wujud Persatuan dan Kesatuan?

Bila anda mendapat pertanyaan mengapa musyawarah merupakan salah satu wujud persatuan dan kesatuan, maka jawabannya adalah karena dalam proses melakukan musyawarah kita dapat bekerja sama dan mendapatkan hak yang sama untuk mengutarakan dan mengemukakan pendapat tanpa memandang latar belakang. Tidak hanya itu, melalui proses musyawarah, kita juga dapat menyambung silaturahmi tanpa memandang perbedaan suku, ras dan bahkan agama.

Dengan demikian, hal tersebut tentu akan mempererat dan bahkan menambah persatuan dan kesatuan antar masyarakat  dalam suatu organisasi, kelompok, bahkan kesatuan Republik Indonesia.

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top