Bagaimana Cara Mengevaluasi Struktur Isi dalam Teks Anekdot? - Quezzen

Jumat, 11 Maret 2022

Bagaimana Cara Mengevaluasi Struktur Isi dalam Teks Anekdot?

Teks anekdot adalah cerita singkat yang didalamnya terdapat unsur lucu yang mengandung isi serta maksud untuk mengkritik. Tujuan dari teks anekdot ini adalah untuk mengkritisi isu atau suatu permasalahan yang tengah terjadi. 

Yang berbeda dari teks anekdot ini adalah cara mengkritisinya terkesan humor, namun di dalam isi ceritanya terdapat penyampaian amanat dan pesan moral yang baik. Tentu beda dengan cara dengan artikel populer karena strukturnya juga beda.

Apa itu Anekdot?

Pada umumnya, isi dari teks anekdot ini menceritakan mengenai orang penting dan terkenal berdasarkan kejadian yang tengah terjadi atau kejadian nyata. Akan tetapi, ada juga teks anekdot yang didasarkan pada kejadian fiktif belaka. Teks Anekdot ini menekankan kepada penyampaian kritik dengan cara yang baik, tidak kasar, ataupun menyakitkan hati. Selain itu isi dalam teks anekdot bersifat menarik, lucu, mengesankan, namun singkat, padat, dan jelas.

Cara Mengevaluasi Struktur Isi dalam Teks Anekdot

Beberapa dari isi dalam teks anekdot mengandung unsur fantasi yang berdasarkan pada tokoh utama, waktu, dan juga tempat kejadian. Selain dalam bentuk cerita, teks anekdot ini juga dapat disajikan dalam bentuk dialog berupa narasi dan atau kalimat langsung.

Bagaimana Cara Mengevaluasi Struktur Isi dalam Teks Anekdot?

Adapun bila anda mendapatkan pertanyaan bagaimana cara mengevaluasi struktur isi dalam teks anekdot, maka berikut adalah jawabannya.

1. Pastikan sebagai karangan utuh dan lengkap

Evaluasi pertama yang harus dilakukan adalah memastikan apa isi dalam anekdot tersebut sudah lengkap atau belum. Pastikan juga isi dalam teks anekdot tersebut merupakan sebuah kejadian nyata atau hanya fiktif belaka.

2. Apakah isinya bermanfaat?

Pastikan juga Apakah isi dalam teks anekdot tersebut bermanfaat sebagai sebuah kritisi atau hanya guyonan yang tidak berguna. Yang harus diketahui bahwa kebanyakan struktur isi dalam teks anekdot ini berisikan mengenai kritik terhadap sebuah kejadian nyata, dan cara menyampaikan kritik tersebut mudah dimengerti oleh semua kalangan.

3. Apakah urutannya sudah betul?

Yang selanjutnya adalah Apakah urutannya sudah betul atau belum, tidak kalah penting dari isinya yang bermanfaat, maka teks anekdot tugas harus memiliki urutan yang benar.

4. Apakah ada paragraf yang susah dimengerti?

Selanjutnya adalah pastikan dalam isi teks anekdot tersebut penyampaian yang mudah dimengerti. Gunakan istilah yang mudah dicerna dan dipahami semua orang.

5. Apakah ada paragraf yang menyimpang?

Pada teks anekdot, pastikan untuk tidak ada paragraf yang menyimpang dari tema. Hal ini penting karena untuk memastikan Pesan yang ingin disampaikan tersebut memang sampai kepada para pembacanya.

6. Apakah ada paragraf yang kalimatnya tidak berurutan?

Dalam menulis isi teks anekdot juga harus diperhatikan tentang paragraf yang kalimatnya harus sesuai urutan. Hal demikian tentu akan mempengaruhi mengenai penyampaian makna dari teks anekdot tersebut.

7. Apakah ada kalimat yang harus dibuang?

Yang terakhir adalah apakah ada kalimat yang harus dibuang. Maka yang dilakukan adalah bahwa memastikan isi dari teks anekdot tersebut singkat padat dan jelas.

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top