Kerangka Tulisan dalam Artikel Populer - Quezzen

Rabu, 23 Februari 2022

Kerangka Tulisan dalam Artikel Populer

Jika kalian mendapatkan tugas untuk membuat sebuah artikel populer, tentu banyak hal yang harus diketahui terlebih dahulu. Salah satu hal yang paling penting adalah tentang kerangka tulisan. Dalam artikel ini akan kita jelaskan kerangka tulisan dalam artikel populer seperti apa dan bagaimana.

Artikel populer merupakan salah satu artikel ilmiah yang berisi fakta dan data kemudian dikemas berdasarkan sudut pandang dan bahasa yang mudah dicerna. Artikel populer ini biasanya tujuannya adalah untuk agar dibaca oleh masyarakat luas.

Kerangka Tulisan dalam Artikel Populer

Jenis dari artikel populer ini misalnya ada tulisan di surat kabar, koran dan lain sebagainya. Bagi para penulis yang mau mencoba membuat tulisan populer, sebaiknya mengikuti beberapa tutorial dan buatlah cara penulisan yang benar.

Pola dan Kerangka Tulisan dalam Artikel Populer

Dalam artikel ini akan kita jelaskan kerangka tulisan dalam artikel populer. Sebuah tulisan apapun itu pasti memiliki pola dan format sekaligus juga skema kerangka yang harus diikuti.

Demikian juga dengan artikel populer, ada beberapa pola dan kerangka yang bisa digunakan diantaranya sebagai berikut:

1. Judul (Title)

Bentuk pada bagian paling pertama dan utama di bagian atas adalah tentang judul. Judul sebaiknya memang menggunakan bahasa yang menarik sekaligus juga bisa menarik perhatian pembaca.

2. Pembuka Tulisan (Lead)

Bagian selanjutnya adalah bagian pembuka tulisan. Pada bagian ini, kita bisa memasukkan informasi seputar susunan ide utama sekaligus juga pokok bahasan yang ingin disampaikan. Pada bagian ini, kita juga sangat mungkin sekali untuk menggunakan data-data, catatan, pernyataan kutipan an-naziat terdiri dari maksimal 3 kalimat dalam paragraf pertama.

3. Isi Tulisan (Content Body)

Pada bagian kedua, yakni kita masuk ke bagian konten itu tulisan. Pada bagian content isi tulisan ini kita harus memperjelas tentang gagasan yang kita ulas sebelumnya pada paragraf pertama di bagian point pembuka. Dengan kata lain, kita memberikan penjelasan pada gagasan utama yang kita mau soroti dan kritisi dari masalah atau tema tertentu. Akan tetapi harus tetap menggunakan sudut pandang artikel populer yang jelas dan spesifik.

Dalam pembahasan ini juga kita tentu harus memberikan argumen atas sesuatu masalah ataupun juga hal yang dikritisi tersebut. Kita juga bisa memberikan pandangan-pandangan bahkan mungkin ide-ide keren berdasarkan hasil analisa yang kita lakukan. Artinya kalau misalnya kita mengkritisi sebuah topik atau masalah, maka kita harus mengajukan solusi yang tepat untuk masalah itu.

4. Kesimpulan (Closure)

Selanjutnya adalah bagian akhir yakni kesimpulan. Pada bagian kesimpulan ini kita mencoba untuk menjelaskan dan meringkas secara singkat rajutan pemikiran dari ide awal sampai pembahasan dan solusi yang muncul dari kritisi isu atau masalah yang ditulis. Kesimpulan ini haruslah padat, jelas, singkat dan juga berisi tidak boleh melebar kemana-mana.

Jadi itulah beberapa hal yang bisa kami jelaskan kerangka tulisan dalam artikel populer. Lebih detail bisa langsung praktek agar supaya bisa melihat hasil yang dibuat.

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top