Kenapa Saat Menulis Artikel Populer Kita Perlu Menentukan Sudut Pandang? - Quezzen

Rabu, 23 Februari 2022

Kenapa Saat Menulis Artikel Populer Kita Perlu Menentukan Sudut Pandang?

Artikel populer adalah jenis artikel tulisan yang berisi rangkuman ilmiah kemudian disampaikan dengan bahasa ringan. Tujuan dari pembuatan artikel ini adalah untuk menambah jumlah pembaca agar mereka mendapatkan banyak wawasan. Kunci keberhasilannya sebetulnya adalah tentang bagaimana tulisan tersebut dibaca oleh masyarakat umum.

Akan tetapi banyak diantara penulis terutama pemula yang kesulitan salah satu diantaranya dalam menentukan sudut pandang. Bahkan muncul juga pertanyaan tentang alasan kenapa saat menulis artikel populer kita perlu menentukan sudut pandang tersebut.

Karakteristik Artikel Populer

Sebelum membahas tentang alasan kenapa membutuhkan sudut pandang, perlu diketahui bahwa ada beberapa karakteristik dari sebuah artikel populer baik di media online atau pun juga koran. Beberapa karakteristik itu misalnya:

  • Tema yang relevan dan juga aktual
  • Merespon isu terbaru atau mutakhir
  • Ide orisinal dan memberikan sudut pandang berbeda
  • Menyajikan data dan analisa kuat
  • Ditulis dalam bahasa yang mudah dipahami

Beberapa karakteristik itulah ciri dari sebuah karya artikel populer yang memang bagus dan layak untuk dipublikasi. Biasanya pihak media juga akan mensortir berdasarkan beberapa pertimbangan di atas.

Alasan Kenapa Saat Menulis Artikel Populer Kita Perlu Menentukan Sudut Pandang

Jika ditanya tentang alasan kenapa saat menulis artikel populer kita perlu menentukan sudut pandang, maka sebetulnya ada beberapa jawaban. Ada beberapa alasan tertentu yang membuat kita harus menentukan sudut pandang. Apa sajakah itu?

1. Agar konten artikel fokus

Alasan pertama adalah agar kemudian konten tulisan artikel yang dibuat itu lebih fokus. Kita harus mengambil salah satu titik yang mau dikerat kritisi dari isu atau pun dibicarakan dalam artikel fokus pada satu bagian penting tidak ngelantur kemana-mana.

2. Tulisan artikel konsisten

Dalam hal ini juga penting supaya konten artikel yang kita tulis memang bisa konsisten. Konsistensi konten artikel dari awal sampai akhir jadi salah satu bagian penting yang harus diperhatikan.

3. Sesuai kompetisi penulis

Hal yang paling penting juga adalah bahwa pemilihan Angel ini akan disesuaikan dengan kompetisi penulis. Penulis harus menulis apa yang memang sesuai dengan kompetisi serta kemampuannya dan juga data yang dimiliki.

Bagaimana Cara Menentukan Angle Sudut Pandang Dalam Menulis Artikel Populer?

Nah selanjutnya jika anda ditanya harus bagaimana cara menentukan Angle sudut pandang tersebut, maka ada beberapa hal. Biasanya ada beberapa pertimbangan yang bisa digunakan misalnya adalah mencari topik tema yang memang eksklusif paling menarik dan juga paling berdampak pada masyarakat misalnya bahas isu pakaian adat dan lainnya.

Sementara itu cara penentuan nya sendiri bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa cara. Hal yang paling mudah sebetulnya adalah menentukan Angle sudut pandang Berdasarkan pertanyaan 5W dan 1H.

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top