Kapan Dibacakan Ikrar Sumpah Pemuda dan Siapa Tokohnya? - Quezzen

Selasa, 22 Februari 2022

Kapan Dibacakan Ikrar Sumpah Pemuda dan Siapa Tokohnya?

Ikrar Sumpah Pemuda menjadi salah satu ikrar penting yang dibuat oleh para pemuda Indonesia pada waktu itu. Sumpah Pemuda sendiri sebetulnya merupakan salah satu bentuk pergerakan dari pemuda-pemudi Indonesia untuk menyatakan kemerdekaan Republik Indonesia.

Dalam ikrar Sumpah tersebut, para pemuda pemudi Indonesia mengaku dan berjanji satu tanah air, satu bahasa dan Satu Bangsa. Hal itu juga menjadi salah satu tekad semangat para pemuda untuk membebaskan Indonesia dari jajahan asing termasuk tanam paksa dan lainnya.

Kapan Ikrar Sumpah Pemuda Dibacakan?

Sumpah ikrar pemuda dibacakan pada 28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Bahkan karena kesakralan dan perannya yang cukup penting, hal itu menjadi salah satu kegiatan rutin yang diperingati sebagai hari Sumpah Pemuda Indonesia yakni setiap tanggal 28 Oktober.

Kapan Dibacakan Ikrar Sumpah Pemuda

Ikrar Sumpah Pemuda memiliki makna yang cukup mendalam. Di dalamnya terkandung banyak sekali makna yang menyebutkan bahwa Pemuda Indonesia Memang mencintai negara Indonesia.

Proses Terciptanya Ikrar Sumpah Pemuda

Ikrar tersebut merupakan hasil rapat para pemuda dan pemuda dan pemudi yang dilakukan pada pada 27-28 Oktober 1928. Bahkan tercatat dalam sejarahnya telah dilakukan 3 kali rapat untuk bisa menghasilkan ikrar tersebut.

  • Rapat Pertama; digelar di gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB) padat 27 Oktober 1928.
  • Rapat kedua; Digelar di gedung di gedung Oost-Java Bioscoop pada 28 Oktober 1928.
  • Rapat kongres sendiri dilakukan atau di Indonesia oleh Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI) yakni sebuah organisasi pemuda yang berasal dari berbagai latar belakang.

Beberapa Tokoh Sumpah Pemuda

Ada berapa tokoh yang memang terlibat dalam Sumpah Pemuda tersebut. Beberapa tokoh tersebut diantaranya adalah Muhammad Yamin, sunaryo, dan juga Amir Syarifudin.

Ketiga tokoh tersebut tentu memiliki peranan yang sangat penting di dalam Kongres Sumpah Pemuda. Bahkan ada beberapa nama tokoh lainnya juga seperti ada tarmidi, mangunSarkoro, dan banyak lagi lainnya.

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top