Berapakah Diameter TKK Purwa? - Quezzen

Rabu, 23 Februari 2022

Berapakah Diameter TKK Purwa?

Tanda kecakapan khusus atau TKK merupakan tanda yang diberikan kepada seluruh peserta didik sebagai bentuk apresiasi atas prestasi peserta didik dalam bidang tertentu. 

Adapun TKK ini bersifat opsional karena setiap prestasi atau kemampuan memiliki tanda kecakapan khusus yang berbeda-beda. Bahkan TKK ini memiliki jumlah minimal yang sangat banyak sampai puluhan hingga saat ini akan terus ditambah seiring dengan teknologi yang berkembang. 

Bagaimana Cara untuk Mendapatkan TKK? 

Hal yang harus dilakukan untuk dapat memperoleh TKK adalah mampu menyelesaikan syarat kecakapan khusus dalam suatu bidang atau bahkan berbagai bidang untuk mendapatkan TKK yang lebih banyak. 

Berapakah Diameter TKK Purwa?

Dimana TKK Dipasang? 

TKK dapat dipasang atau disematkan di dua tempat yakni di bagian bawah lambang kwarda ataujuga bisa disematkan pada bagian samping kiri dan kanan lambang Kwarda. 

Berapa Jumlah Maksimal TKK yang Dipasang Dibaju? 

Jumlah tanda kecakapan khusus yang boleh dipasang di baju hanya sebanyak 5 macam. Adapun bagi anggota pramuka yang memiliki TKK lebih dari 5 maka harus mengenakan selempang untuk memasang TKK yang lebih banyak. 

Tingkatan TKK dalam Pramuka

TKK dalam pramuka ini memiliki 3 tingkatan. 

1. TKK Purwa bagi pramuka Penggalang

Tingkat yang pertama adalah Purwa. Tingkat Purwa ini merupakan tingkat terendah dalam keanggotaan Pramuka. Bentuk TKK Purwa adalah berupa lingkaran. 

2. TKK Madya bagi Pramuka Penegak

Tingkat yang kedua adalah TKK Madya. Bentuk dari TKK Madya ini yakni persegi yang berwarna kuning. TKK Madya seringkali disebut sebagai tingkat menengah dalam tingkat kecakapan khusus. 

3. TKK utama bagi Pramuka Penegak

TKK utama merupakan tanda kecakapan khusus yang paling tertinggi dalam gerakan Pramuka. Adapun TKK utama ini memiliki bentuk segi lima yang beraturan dengan Sisi 2,5 cm berwarna kuning dan berbingkai 2 mm. 

Berapakah Diameter TKK Purwa? 

Adapun untuk pertanyaan berapakah diameter TKK Purwa, maka jawabannya adalah 2,5cm dan bagian bingkainya 2 mm yang berwarna merah. 

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top