Apa yang Dimaksud dengan Makna Hidup Tertib Damai Salam dan Bahagia? - Quezzen

Kamis, 10 Maret 2022

Apa yang Dimaksud dengan Makna Hidup Tertib Damai Salam dan Bahagia?

 Taman siswa adalah nama sekolah yang berdiri pada tahun 3 Juli 1922 di Yogyakarta. Sekolah tersebut didirikan oleh Ki Hajar Dewantara. Salah satu asas dan motto Tamansiswa setiap kali berjumpa adalah "Tertib Damai, Salam dan Bahagia".

Lalu yang menjadi pertanyaan adalah apa yang dimaksud dengan hidup tertib damai salam dan bahagia tersebut. Nah dalam artikel ini kita akan Jelaskan makna dan maksud dari asas hidup tersebut.

Hidup Tertib Damai Salam dan Bahagia

1. Makna dan maksud dari hidup tertib

Pertama kita bahas terlebih dahulu makna atau maksud dari hidup tertib. Masyarakat tertib dalam masyarakat yang bisa tertata dan teratur serta disiplin.

2. Makna dari hidup damai

Masyarakat damai adalah masyarakat yang tentram aman jauh dari permusuhan dan juga kekerasan. Kemudian juga hidup salam dan bahagia adalah salah satu sarana untuk kita bisa merasakan kedamaian dan kehidupan agar bisa hidup gemar berusaha dan sederhana.

3. Makna dari masyarakat salam bahagia

Kemudian makna dari masyarakat salam Bahagia adalah masyarakat yang bisa tercukupi baik dari segi lahir atau pun juga batin. Bentuk lahir misalnya masyarakat yang bebas mendapatkan sandang, pangan, pendidikan dan lainnya. Sementara dari segi batin, masyarakat memiliki kebebasan dalam perlindungan hukum, kebebasan berpendapat, beragama, beribadah dan lain sebagainya.

Jadi itulah hidup salam dan bahagia hidup yang merdeka dimana kita sebagai manusia memiliki hak untuk mengatur diri kita sendiri dan juga tidak merusak hak orang lain. Hak mengatur itu sendiri juga mengingat tertibnya persatuan dan kehidupan umum bertumbuh menurut kodratnya dengan kemerdekaan yang didapatkan.

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top