Apa Acara Besar Dalam Pramuka Tingkatan Pandega? - Quezzen

Kamis, 10 Maret 2022

Apa Acara Besar Dalam Pramuka Tingkatan Pandega?

Di dalam pramuka ada beragam tingkatan yang kemudian harus diketahui oleh para anggotanya. Jika kalian mau masuk ke Pramuka, maka harus bisa paham tentang beberapa tingkatan tersebut. Bahkan lebih dari itu, juga harus paham tentang beberapa acara kegiatan besar Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega yang dimaksud.

Nah kali ini yang ditanyakan adalah tentang apa saja nama acara besar yang ada di dalam pramuka tingkatan pandega. Ada beberapa acara besar sebetulnya yang memang sering dilakukan. Kita akan simak di sini.

Acara Besar Dalam Pramuka Tingkatan Pandega

Daftar Acara Besar Dalam Pramuka Tingkatan Pandega

Bagi kalian yang sudah masuk ke tingkatan pandega, tentu harus bisa mengetahui beberapa kegiatan yang biasa atau sering di lakukan. Perlu diketahui bahwa Pramuka pandega adalah Pramuka yang diikuti oleh anggota yang sudah berusia antara 21 sampai 25 tahun.

Sementara berbicara tentang kegiatan yang dilakukan, sebetulnya ada beberapa kegiatan yang dilakukan untuk acara besar di tingkatan ini diantaranya sebagai berikut:

1. Raimuna

Ini adalah salah satu kegiatan besar yang yang diselenggarakan oleh Kwartir gerakan Pramuka, ranting, cabang, ataupun juga daerah bahkan nasional.

2. Gladian Pimpinan Satuan

Gladian Pimpinan Satuan atau biasa disebut Dianpinsat adalah acara besar selanjutnya yang dilakukan oleh pandega yakni khusus untuk para pemimpin Sangga utama dan wakil pemimpin Sangga dengan tujuan memberikan pengetahuan manajerial dan kepemimpinan.

3. Perkemahan Wirakarya

Perkemahan Wirakarya adalah acara besar selanjutnya yang bertujuan mengadakan interaksi beserta masyarakat ikut serta dalam kegiatan pembangunan. Kegiatan ini dilakukan jika dipandang perlu.

4. Perkemahan Bhakti

Perkemahan Bhakti jadi salah satu kegiatan selanjutnya yang juga cukup besar dalam perkemahan besar. Tujuannya sebetulnya untuk mengaplikasikan pengetahuan dan pengalaman dalam Gugus Depan maupun satuan karya Pramuka terhadap baktinya pada masyarakat.

5. PERAN SAKA (Perkemahan Antar Saka)

Peran Saka adalah salah satu kegiatan penegak yang kemudian bergabung dengan pandega untuk menjadi anggota satuan karya Pramuka dalam perkemahan besar. Biasanya kegiatan ini di gelar oleh Kwartir gerakan Pramuka dan minimal yang ikut adalah 2 satuan karya Pramuka.

Selain 5 diatas, juga ada beberapa kegiatan lain seperti Pengembaraan, Latihan Pengembangan Kepemimpinan, PPDK, Kursus Instruktur Muda, Musppanitera, ulang janji dan banyak lagi lainnya.

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top