5 Contoh Pertanyaan Sulit untuk Calon Ketua Organisasi - Quezzen

Jumat, 25 Februari 2022

5 Contoh Pertanyaan Sulit untuk Calon Ketua Organisasi

Organisasi mulai dari OSIS, organisasi kemahasiswaan, hingga organisasi pemerintahan memerlukan adanya ketua organisasi yang tidak hanya pintar dan bijak, namun memiliki kualitas yang menonjol dan paling bagus. 

Organisasi merupakan sebuah wadah untuk berkumpulnya orang-orang dengan tujuan dan pemahaman yang sama. Dalam setiap organisasi tentu diperlukan adanya ketua atau pemimpin organisasi. Selain adanya kerja sama antar tim, kesuksesan suatu organisasi juga ditentukan dari kualitas ketua organisasi tersebut.

Sebelum menjadi ketua organisasi tentu harus melewati atau menjawab beberapa pertanyaan. Beberapa pertanyaan ada yang dianggap sulit dan hanya dapat dijawab oleh orang-orang yang memang memiliki kualitas tinggi. 

Pertanyaan Sulit untuk Calon Ketua Organisasi

Tidak hanya dapat menjawab pertanyaan dengan jawaban yang berkesan, para calon pemimpin ketua organisasi populer juga harus memiliki pandangan dan perspektif yang luas tentang suatu permasalahan yang sederhana maupun permasalahan yang sulit. 

Daftar Pertanyaan Sulit untuk Calon Ketua Organisasi 

Di bawah ini akan kami ulas beberapa pertanyaan yang dianggap sebagai pertanyaan sulit untuk calon ketua organisasi yang biasanya diajukan dalam sesi tanya jawab menuju pemilihan ketua organisasi. 

1. Apa motivasi anda hingga ingin menjadi seorang ketua organisasi? 

Pertanyaan ini umum diajukan dalam berbagai keperluan, mulai dari wawancara hingga pemilihan calon ketua organisasi. Jawaban untuk pertanyaan ini sebaiknya dilakukan dengan jawaban yang lebih spesifik dan tidak klise agar mengesankan anda seorang pemikir yang cerdas. 

2. Model kepemimpinan apa yang akan Anda pilih dalam memimpin organisasi ini? 

Bila ada pertanyaan seperti ini, maka sebaiknya Anda menjawab tentang penerapan model kepemimpinan yang demokratis apabila kelak anda terpilih menjadi ketua organisasi tersebut. Model kepemimpinan demokratis akan mengesankan anda sebagai pemimpin yang akan menerima suara dan masukan dari anggotanya hingga tidak terkesan paling berkuasa. 

3. Apa kompetensi yang harus dimiliki seorang ketua organisasi? 

Dalam menjawab pertanyaan apa kompetensi yang harus dimiliki seorang ketua organisasi, maka anda harus melihat dan memahami terlebih dahulu tujuan organisasi tersebut didirikan. 

Hal yang harus anda sampaikan dalam menjawab pertanyaan ini adalah menonjolkan kepada para anggota bahwa anda dapat mendedikasikan seluruh waktu dan kemampuan anda untuk mengurus organisasi tersebut hingga mencapai kesuksesan dan tujuan bersama. 

4. Bagaimana sikap anda apabila kebijakan yang anda buat ditentang oleh anggota organisasi? 

Pertanyaan ini merupakan salah-satu pertanyaan sulit untuk calon ketua organisasi. Untuk menghindari anda dicap sebagai ketua organisasi yang anti kritik dan otoriter, maka jawaban untuk pertanyaan ini adalah dengan optimis Anda akan membuka forum diskusi untuk mencapai mufakat yang lebih baik dan disepakati oleh semua pihak. 

5. Apakah anda siap menjadi ketua organisasi tanpa dibayar? 

Untuk menjadi ketua organisasi, sepertinya Anda tidak dapat menghindar dari pertanyaan ini mengingat memang kepentingan uang merupakan kepentingan yang krusial. Akan tetapi, dalam pemilihan ketua suatu organisasi, biasanya menghindari sifat pemimpin yang materialistis dan memiliki tujuan untuk memperkaya diri sendiri. Jadi Jawablah pertanyaan ini sebijak mungkin agar mengesankan bahwa anda tidak mengincar uang ketika sudah menjadi ketua organisasi tersebut. 

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top