Mengapa Kita Tidak Boleh Menganggap Remeh Bahasa Daerah Lain? - Quezzen

Jumat, 25 Februari 2022

Mengapa Kita Tidak Boleh Menganggap Remeh Bahasa Daerah Lain?

Indonesia terkenal sebagai salah satu negara yang kaya akan budaya dan bahasa. Kekayaan itulah yang kemudian Harusnya menjadi salah satu landasan untuk kita bisa saling menghargai dan menghormati.

Berapa diantara kita mungkin banyak yang bertanya tentang alasan kenapa atau mengapa kita tidak boleh menganggap remeh bahasa daerah lain. Tentunya jawabannya sangatlah banyak dan beragam.

Ada beragam alasan kenapa kita harus menghormati tidak boleh menghina atau menganggap remeh bahasa orang lain.

Tidak Boleh Menganggap Remeh Bahasa Daerah Lain

Kenapa Kita Tidak Boleh Menghina Atau Menganggap Remeh Bahasa Daerah Lain?

Ada beberapa alasan kenapa kita tidak boleh menganggap remeh bahasa daerah lain. Tentunya beberapa alasan tertentu melatarbelakanginya diantaranya sebagai berikut:

1. Tiap orang punya kebanggaan dengan bahasa daerahnya

Perlu diketahui bahwa setiap orang memiliki kebanggaan terhadap bahasa daerahnya sendiri. Kalaupun misalnya kita tidak bangga dengan bahasa daerah orang lain, tapi orang lain pasti bangga dengan bahasa daerahnya.

Maka dari itu, kita tidak boleh memaksakan ketidaksukaan kita terhadap bahasa orang lain. Sementara orang lain sendiri pastinya mereka bangga dengan bahasanya. Demikian juga mungkin dengan kita yang bangga dengan bahasa daerah kita.

2. Menghindari pertengkaran

Sesuatu hal yang berhubungan dengan "sara", itu biasanya sangat mudah sekali tersulut dan menyebabkan pertengkaran. Ketika ada suatu agama ataupun budaya dan bahasa salah satu pihak yang diejek atau direndahkan, maka akan ada reaksi dari penganut atau pemilik bahasa tersebut.

Misalnya beberapa waktu lalu ada yang merendahkan bahasa Sunda, kemudian muncul reaksi dari masyarakat yang ada di wilayah tersebut bahkan sampai melaporkannya ke polisi. Pertengkaran seperti ini sangat mudah terjadi jika ada salah satu pihak menghina salah satu budaya atau bahasa serta agama pihak lain.

3. Demi terciptanya kerukunan dan Kedamaian

Demi terciptanya kerukunan serta kedamaian, kita tidak boleh saling menghina atau meremehkan bahasa daerah lain. Kita di Indonesia bisa terikat dengan Bhinneka Tunggal Ika dari banyak budaya dan bahasa.

Maka dari itu kita harus bisa melestarikannya dan saling menjaga. Hal itulah yang kemudian akan membuat kita bisa hidup dengan aman dan nyaman serta Sejahtera tanpa adanya masalah.

Demikian beberapa jawaban mengenai alasan mengapa kita tidak boleh menganggap remeh bahasa daerah lain. Semoga kita bisa lebih bijak dalam menghormati berbagai bahasa dan budaya masing-masing.

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top