BPJS Ketenagakerjaan Kapan Bisa Dicairkan? - Quezzen

Sabtu, 30 Oktober 2021

BPJS Ketenagakerjaan Kapan Bisa Dicairkan?

Salah satu keuntungan dari ikut BPJS Ketenagakerjaan adalah kemungkinan untuk kita mencairkannya jika keluar dari pekerjaan tersebut. Namun dalam hal ini anda harus ketahui tentang bagaimana dan kapan BPJS Ketenagakerjaan itu bisa dicairkan.

Akan tetapi juga Anda harus ketahui bahwa meskipun anda bisa mencairkannya, namun tidak semuanya bisa Anda ambil. Artinya hanya sebagian yang kemudian bisa anda cairkan dan dapatkan uang dari BPJS tersebut. Hal ini beda dengan santunan bpjs kesehatan bagi peserta yang meninggal dunia.

BPJS Ketenagakerjaan Kapan Bisa Dicairkan

Uang yang dicairkan itu merupakan salah satu uang jaminan dari BPJS Ketenagakerjaan ataupun juga BPJAMSOSTEK. Namun demikian pastinya ada sederet syarat ketentuan yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

Syarat Utamanya; Pekerja Harus Resign Atau Keluar

Salah satu syarat utama untuk bisa mengajukan pengambilan dan pencairan dana BPJS tersebut adalah ketika pekerja berhenti bekerja. Namun demikian tentunya tidak bisa langsung dicairkan waktu itu.

Ada harus menunggu terlebih dahulu agar supaya bisa mencairkan dana itu. Artinya memang ada proses yang menyita waktu untuk ada menunggunya terlebih dahulu sebelum bisa mencairkan itu semua.

Menunggu Sekitar 1 Bulan Untuk Bisa Mencairkan

Anda diharuskan untuk menunggu sekitar 1 bulan untuk bisa mencairkan itu. Jadi sebetulnya memang dalam waktu 1 bulan nanti memang BPJS Ketenagakerjaan kepesertaan perusahaan yang akan ditinggalkan dan tidak aktif.

Jadi bisa dikatakan bahwa waktu yang tepat untuk mencairkan adalah 1 bulan setelah anda berhenti bekerja. Alasan Berhenti bekerja sendiri pun memang bebas baik itu karena resign, kena PHK atau pun juga mungkin alasan lain.

Bisa Cairkan Semua Atau Sebagian

Sebetulnya memang Anda bisa mencairkan semua dana BPJS itu ataupun juga sebagian. Namun tentunya Ada persyaratan yang berbeda antara itu semua. Jika anda mau mencairkan semuanya Maka Anda membutuhkan surat keterangan sudah berhenti bekerja atau paklaring.

Sementara jika anda mau melakukan pencairan secara sebagian, maka beberapa syaratnya juga tentu berbeda. Beberapa syarat yang harus dipenuhi misalnya masih aktif di perusahaan. Anda juga sudah bekerja selama 10 tahun. Melampirkan bukti identitas dan NPWP jika pencairannya adalah melebihi 50 juta.

Jadi itu jawaban tentang bPJS Ketenagakerjaan kapan bisa dicairkan. Jadi anda sudah bisa mengetahui jawabannya.

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top