Kenapa UNS Disebut Kampus Benteng Pancasila? - Quezzen

Senin, 19 Desember 2022

Kenapa UNS Disebut Kampus Benteng Pancasila?

Banyak sekali julukan yang dimiliki oleh sebuah kampus. Salah satu di antaranya misalnya kampus Universitas Sebelas Maret atau UNS. Julukan yang paling terkenal misalnya adalah sebagai kampus Benteng Pancasila. Yang jadi pertanyaan adalah kenapa uns disebut kampus benteng pancasila?

Kampus memang bisa menjadi salah satu sarana untuk membumikan ideologi Pancasila. Selain itu juga kampus bisa menjadi salah satu benteng untuk menjaga komitmen dan membentuk karakteristik serta kepribadian bangsa.

Kampus UNS menjadi salah satu universitas yang mencoba untuk menjadi Benteng pancasila di Indonesia. Selain itu juga berusaha untuk menangkal paham radikalisme dan terorisme apalagi mahasiswa menjadi kaum yang memiliki kerentanan terpengaruh oleh paham tersebut.

Kenapa UNS Disebut Kampus Benteng Pancasila?

Jawaban Kenapa UNS Disebut Kampus Benteng Pancasila

Berdasarkan sejarahnya bahwa sejak 1 Oktober 2019 lalu, kampus UNS kemudian mendeklarasikan diri sebagai salah satu kampus Benteng Pancasila. Kampus Benteng Pancasila sendiri adalah salah satu kampus yang berusaha mengamalkan tarikan nilai-nilai pancasila.

Hal tersebut tentunya juga dilakukan sebagai salah satu upaya bukti nyata komitmen dari pihak lembaga pendidikan untuk membentengi paham radikalisme atau paham-paham lain yang tidak sesuai dengan nilai-nilai pancasila yang ada di Indonesia.

UNS berkomitmen membangun 6 tempat peribadatan di daerah Kampus tersebut. Tentunya ke-6 lembaga peribadatan tersebut mulai dari masjid, gereja, pura, kelenteng dan lainnya. Semuanya untuk mengakomodir para mahasiswa dari berbagai latar belakang agama yang kuliah di sana.

Selain membangun sarana peribadatan untuk berbagai jenis pilihan agama di Indonesia juga pihak UNS mengembangkan dengan melalui kegiatan pembelajaran. Semuanya diterapkan untuk mencapai kehidupan kampus di UNS yang harmonis dan juga mengembangkan nilai toleransi yang tinggi.

Jadi begitu beragam jawaban yang mungkin menjadi salah satu faktor alasan kenapa uns disebut kampus benteng pancasila. Semoga kalian bisa mengerti atas penjelasan sebagaimana disebutkan di atas tersebut.

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top