Kenapa Set Top Box Bisa Meledak? Ini 2 Penyebab Utama! - Quezzen

Minggu, 04 Desember 2022

Kenapa Set Top Box Bisa Meledak? Ini 2 Penyebab Utama!

Beberapa waktu lalu ada kasus set box TV digital yang meledak. Hal itu sontak membuat viral dan kemudian banyak orang bertanya tentang alasan kenapa set top box bisa meledak. Tentunya hal itu pasti akan disebabkan oleh beberapa faktor.

Belum lama ini memang pengguna dari set box ini ini meningkat. Pasalnya memang pemerintah membelokir siaran TV analog di seluruh Indonesia. Artinya orang Indonesia tidak bisa lagi nonton TV pakai antena.

Akan tetapi para pengguna dan penonton televisi harus menggunakan TV digital. Salah satu untuk mengakali TV agar kemudian menangkap siaran digital adalah dengan menggunakan set box TV digital yang sudah didesain khusus.

Kenapa Set Top Box Bisa Meledak?

Penyebab Kenapa Set Top Box Bisa Meledak

Mengingat beberapa waktu lalu ada kejadian tentang set box TV digital yang meledak, tentu kita harus cari tahu dan waspada apa sebetulnya penyebabnya. Setelah itu kita bisa waspada dan bisa mengatasi itu dengan mudah.

Beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab terjadinya ledakan pada set box digital ini sebetulnya ada banyak. Dan faktor penyebabnya sebetulnya bukan karena sed bok itu digunakan dalam waktu lama.

Pasalnya set box memang didesain untuk digunakan dalam waktu lama. Sementara terjadinya ledakan biasanya dimungkinkan disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya:

1. Jaringan listrik tanpa grounding

Beberapa rumah di Indonesia apalagi yang sudah menggunakan listrik token biasanya sudah tidak lagi menggunakan grounding listrik. Biasanya ground ini digunakan dengan memasang kabel ke dalam tanah. Tujuannya biasanya adalah untuk membuang aliran beban listrik yang terlalu besar ataupun juga sengatan petir.

Nah dengan tidak adanya grounding di rumah, maka ini bisa mengakibatkan over kapasitas listrik yang kemudian merusak beberapa Komponen alat elektronik. Nah salah satu diantaranya bisa mempengaruhi juga set box yang membuatnya meledak.

2. Quality control produk set box

Faktor penyebab selanjutnya disebabkan karena quality control yang dilakukan oleh perusahaan setbox sebelum kemudian mereka menjualnya tidak baik. Anak quality control yang dilakukan tidak baik, akhirnya mungkin ada produk yang gagal tapi dijual di pasaran.

Apalagi memang ada banyak diantaranya yang menjual dengan harga yang murah. Pastinya itu bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kualitas set box menjadi buruk dan akhirnya bisa memungkinkan meledak.

Jadi begitulah beberapa faktor umum dan penyebab yang selama ini sering kali membuat masalah pada set box. Mungkin juga ini yang menjadi penyebab kenapa set top box bisa meledak.

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top