Kenapa Telur Bisa Berdiri di Hari Bakcang? - Quezzen

Jumat, 03 Juni 2022

Kenapa Telur Bisa Berdiri di Hari Bakcang?

Dalam tradisi dan budaya Tionghoa, ada beberapa hal menarik yang perlu diikuti. Salah satu diantaranya adalah soal perayaan bakcang. Dalam perayaan ini, ada hal unik dan juga tak masuk akal saat 1 diantaranya telur yang bisa berdiri. Pertanyaannya kenapa telur bisa berdiri di hari bakcang?

Perlu diketahui juga bahwa dalam perayaan duan wu ji atau bakcang seringkali adanya fenomena menegakkan telur ayam. Fenomena ini menjadi salah satu budaya yang cukup menarik dan sampai saat ini masih berkembang.

Sekilas Tentang Telur Bisa Berdiri di Hari Raya Bakcang

Perlu diketahui juga bahwa ada fenomena telur bisa berdiri yang dilakukan sepanjang hari bakcang terutama pada siang hari sekitar pukul 11.00 sampai 14.00. Dalam fenomena ini kita dapat menegakkan atau meletakkan telur ayam mentah dalam posisi berdiri di atas lantai atau pun juga meja.

Kenapa Telur Bisa Berdiri di Hari Bakcang?

Tentunya hal ini menjadi salah satu hal unik dan menarik bahkan mungkin menjadi pertanyaan yang diajukan banyak orang. Banyak yang kemudian bertanya tentang penyebab hal itu terjadi.

Penyebab Telur Bisa Berdiri di Hari Bakcang

Berdasarkan informasi yang didapat, pada hari raya bakcang ini ada fenomena unik. Konon menurut penelusuran quezzen disebutkan bahwa pada hari tersebut matahari memancarkan cahaya yang sangat kuat sehingga gaya gravitasi di tanggal tersebut menjadi yang terlemah di sepanjang tahun.

Akibat itulah, maka kemudian saat kita menegakkan telur ayam mentah akhirnya kemudian bisa berdiri. Salah satu faktor penyebab utamanya adalah karena matahari berada dalam posisi istimewanya yakni tepat diatas khatulistiwa.

Kemudian juga menurut para ahli disebutkan bahwa tanggal tersebut posisi bulan tepat berada pada garis lurus dengan bumi. Dengan demikian maka gaya gravitasi bulan pada siang hari tepat berada dibawah bumi sehingga biasanya kuning telur itu akan tertarik sedikit lebih rendah dibandingkan hari-hari umumnya.

Akibat itulah maka kemudian titik berat telur lebih ke bawah dan akan membantu telur berdiri tegak pada ujung lancipnya. Adapun perhitungan bulannya biasanya memang setiap tanggal 5 bulan 5 Imlek atau bulan Mei atau pun juga Juni.

Jadi itulah Penjelasan tentang alasan kenapa telur berdiri di hari bakcang. Jadi jawabannya bisa kita temukan jawaban secara logis menurut para ahli.

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top