Tentatif Agama Apa? Awas Jadi Perdebatan! - Quezzen

Jumat, 13 Mei 2022

Tentatif Agama Apa? Awas Jadi Perdebatan!

 Tentatif agama apa? Sebagaimana yang kita ketahui bahwa agama Resmi di Indonesia dan jumlahnya ada 6 yakni agama Islam, Protestan, Katolik, Buddha, Hindu, dan Konghucu. Selain itu ada banyak sekali aliran-aliran kepercayaan yang menjamur dan mempunyai banyak pengikut di Indonesia. 

Belum lagi organisasi yang mengatasnamakan keagamaan sangat banyak sekali terdapat di negeri kita Indonesia. 

Apa itu Agama Tentatif?

Saat ini ada banyak sekali perbincangan di masyarakat tentang tentatif agama. Hal tersebut bermula dari salah satu publik figur yang menyatakan bahwa agamanya adalah agama tentatif. 

Hal tersebut tentu menjadi perdebatan dan pertanyaan di masyarakat karena pada umumnya seseorang mencantumkan nama agamanya dengan jelas. 

Tentatif Agama Apa?

Akan tetapi beberapa publik figur mengisi kolom agama dengan kata tentatif Islam dan ada pula yang mengisinya dengan tentatif Kristen. Lantas apa sih yang dimaksud dengan tentatif agama?

Jawaban Tentatif agama apa? 

Sebagaimana yang diketahui bahwa agama sendiri memiliki makna sebagai ajaran atau suatu kepercayaan terhadap Tuhan yang Maha Esa. Adapun kata tentatif memiliki arti belum pasti. Belum pasti disini maksudnya adalah masih dapat berubah atau hal yang hanya bersipat untuk sementara waktu. 

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tentatif agama atau agama tentatif memiliki arti sebagai sebuah keyakinan yang belum pasti atau memiliki kemungkinan dapat berubah di kemudian hari. 

Bisa jadi, seseorang yang mencantumkan tentatif agama dalam kolam agama yang dianutnya adalah karena berkeyakinan bahwa sebuah agama atau keyakinan bersifat sementara dan bisa berubah sesuai dengan penemuan dan keyakinannya di lain hari atau di masa depan. 

Hal tersebut tentu juga seolah menyiratkan bahwa orang yang beragama tentatif terbilang belum meyakini 100% agama yang dianutnya sekarang.

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top