Mengapa Kita Tidak Boleh Merusak Lambang Negara? - Quezzen

Senin, 23 Mei 2022

Mengapa Kita Tidak Boleh Merusak Lambang Negara?

Lambang negara merupakan sebuah desain tertentu yang dicetuskan untuk berbagai macam tujuan. Tidak hanya memiliki tujuan, lambang negara juga biasanya memiliki deskripsi yang berwujud motif atau bentuk tertentu. 

Lambang negara Indonesia adalah burung garuda. Pada burung garuda ini setiap itemnya memiliki makna dan arti yang sakral. Burung garuda yang menjadi lambang negara Indonesia ini kepalanya menoleh ke arah kanan, sedangkan perisai nya yakni berupa jantung yang digantung rantai pada bagian leher burung garuda tersebut memiliki makna sebagai semboyan Bhinneka Tunggal Ika atau meski berbeda harus tetap satu jua. 

Mengapa Kita Tidak Boleh Merusak Lambang Negara?

Semboyan Bhinneka Tunggal Ika menekankan kepada kita bahwa meskipun kita berbeda ras, suku, budaya, bahasa, dan agama, namun harus tetap rukun, jangan sampai bercerai berai atau bertikai karena adanya sebuah perbedaan. 

Alasan Kita Tidak Boleh Merusak Lambang Negara

Apabila anda mendapatkan pertanyaan mengapa kita tidak boleh merusak lambang negara, maka jawabannya menurut versi quezzen adalah sebagai berikut:

1. Karena lambang negara merupakan hal yang sakral untuk negara kita

Lambang negara dapat dikatakan sebagai sebuah hal yang sakral untuk negara kita. Hal demikian tentu mewajibkan kita untuk selalu menjaga lambang negara tersebut, jangan sampai mengolok dan atau merusaknya. 

2. Karena merupakan simbol kehormatan suatu negara 

Alasan selanjutnya mengapa kita tidak boleh merusak lambang negara adalah karena lambang negara merupakan suatu simbol kehormatan negara kita, dalam hal ini Burung Garuda. Jadi ketika kita merusak lambang negara, tidak lain kita telah merusak simbol kehormatan negara kita sendiri. 

3. Karena sudah ada aturan pemerintah untuk tidak merusak lambang negara 

Karena sudah ada undang-undang yang mengatur tentang larangan merusak lambang negara, maka ketika kita melakukan hal tersebut otomatis akan mendapatkan sanksi yang sudah ditetapkan dari pihak berwenang. 

Dengan demikian, sebagai masyarakat dan rakyat yang taat aturan, sudah Selayaknya kita menjaga lambang negara kita agar senantiasa terjaga dan bukan malah merusaknya. 


Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top