Kenapa Belalang Sebelum Jadi Kupu Kupu? - Quezzen

Jumat, 13 Mei 2022

Kenapa Belalang Sebelum Jadi Kupu Kupu?

Belalang dan kupu-kupu awalnya memang merupakan salah satu makhluk yang sama. Kupu-kupu dan belalang itu berasal dari telur yang sama melalui tahapan atau proses metamorfosis. Nah yang jadi pertanyaan kenapa belalang sebelum jadi kupu kupu?

Kupu-kupu memang makhluk atau hewan yang cukup indah. Kita bisa menggambarkan binatang ini sebagai salah satu hal yang berhubungan dengan keindahan dalam kehidupan manusia.

Sementara itu hewan belalang menjadi salah satu hewan yang sebetulnya menakutkan. Beberapa di antaranya mungkin takut tapi ada juga yang memakan hewan tersebut untuk dikonsumsi.

Kenapa Belalang Sebelum Jadi Kupu Kupu?

Penyebab Belalang Sebelum Menjadi Kupu-Kupu

Perlu diketahui bahwa belalang dan kupu-kupu merupakan metamorfosa namun dengan hasil yang berbeda. Disini quezzen kemudian menyebutnya dengan dua istilah yakni:

  • Metamorfosa sempurna = kupu-kupu
  • Metamorfosis tidak sempurna = belalang

Ya disebutkan bahwa belalang memang merupakan salah satu makhluk yang berasal dari metamorfosis yang tidak sempurna. Nah yang jadi pertanyaan adalah Kenapa belalang disebut makhluk hasil metamorfosis yang tidak sempurna, sementara kupu-kupu sempurna.

Metamorfosis sendiri merupakan salah satu daur hidup yang terjadi pada hewan yakni perubahan bentuk tubuh mulai dari lahir sampai dewasa. Dalam hal ini tentu kita harus ketahui tahapan metamorfosis nya yakni sebagai:

  • Metamorfosis kupu-kupu = telur-> ulat -> kepompong (pupa) -> kupu-kupu dewasa
  • Metamorfosis belalang = telur -> nimfa -> belalang dewasa (imago)

Apabila dilihat dari proses metamorfosis yang dilakukan, kupu-kupu melewati tahapan kepompong atau pupa terlebih dahulu. Sementara belalang dia tidak melalui proses tahapan pupa atau kepompong melainkan dari proses nimfa menjadi belalang dewasa langsung.

Kupu-kupu emang bisa disebut sebagai metamorfosis sempurna karena melewati masa Kepompong. Kemudian juga ciri selanjutnya bisa dilihat dari setiap fase memiliki bentuk yang berbeda.

Jadi itulah beberapa penjelasan dan jawaban atas pertanyaan kenapa belalang sebelum jadi kupu kupu. Semoga dimengerti..

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top