Sampai Kapan Kita Harus Menuntut Ilmu? - Quezzen

Selasa, 19 April 2022

Sampai Kapan Kita Harus Menuntut Ilmu?

 Sampai kapan kita menuntut ilmu? - Menuntut ilmu dapat diartikan sebagai suatu usaha atau ikhtiar dalam mempelajari sebuah ilmu baik ilmu pengetahuan yang bersifat duniawi maupun ilmu keagamaan yang bersifat akhirat dengan bertujuan agar ilmu yang dituntut atau dicari tersebut dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. 

Dengan memiliki banyak ilmu, kita dapat lebih mudah dalam menjalani kehidupan baik di dunia maupun juga di akhirat. Dengan ilmu yang mumpuni, kita dapat meraih dunia dan menggapai akhirat. Namun hal tersebut tentu harus dilakukan dengan usaha dan perjuangan, karena untuk mendapatkan ilmu yang mumpuni dan bermanfaat tidaklah mudah. 

Sampai Kapan Kita Harus Menuntut Ilmu?

Sampai Kapan Kita Harus Menuntut Ilmu? 

Bila ada sebuah pertanyaan quezzen yang mengungkapkan bahwa sampai kapan kita harus menuntut ilmu, maka jawabannya adalah sebagai berikut: 

1. Dari buaian (bayi) hingga liang lahat 

Kita diwajibkan untuk menuntut ilmu dari buaian atau masih bayi hingga liang lahat. Hal tersebut jelas merupakan perintah Tuhan yang menganjurkan dan memerintahkan kita untuk menuntut ilmu seumur hidup kita. Dengan ilmu pengetahuan dan keagamaan yang luas, dipastikan kita dapat meraih segala hal yang kita inginkan di dunia dan bahkan di akhirat. Jadi, jangan lelah untuk menuntut ilmu dalam kondisi apapun karena ilmu merupakan gerbang kita untuk mencapai segala hal. 

2. Sampai ke negeri Cina 

Ada sebuah hadits yang menyatakan bahwa kita harus menuntut ilmu bahkan sampai ke negeri Cina. Ungkapan tersebut memiliki pengertian bahwa dalam menuntut ilmu kita tidak boleh terhalang oleh jarak, bahkan sampai ke luar negeri. Hal ini karena memang menuntut ilmu merupakan suatu kewajiban bagi seluruh umat manusia. 

3. Sampai ilmu kita benar-benar mumpuni 

Pada dasarnya suatu ilmu memiliki keragaman karena bersifat kontekstual dan tekstual. Dengan demikian, meski telah banyak pengalaman dan juga berpendidikan yang tinggi, kita tidak boleh berpuas hati dan bersifat sombong karena diatas langit masih ada langit. Jadi intinya kita tidak boleh lelah untuk belajar hingga kapanpun. 

4. Sampai ilmu kita bermanfaat 

Salah satu amal jariyah yang tidak akan pernah terputus hingga kita meninggal dunia adalah ilmu yang bermanfaat. Jadi, kita dianjurkan untuk menyampaikan ilmu meski hanya satu ayat. Terlebih bagi yang memiliki banyak ilmu pengetahuan mumpuni, maka dianjurkan untuk mengamalkan ilmu tersebut agar dapat bermanfaat bagi semua orang.

Dengan demikian, itulah jawaban pertanyaan sampai kapan kita menuntut ilmu? Ilmu yang disampaikan pada orang lain tersebut akan menjadi amal jariyah yang tidak pernah terputus hingga kapanpun bagi kita. quezzen

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top