Mengapa Rekonsiliasi dalam Perusahaan Diperlukan? - Quezzen

Minggu, 17 April 2022

Mengapa Rekonsiliasi dalam Perusahaan Diperlukan?

Rekonsiliasi di dalam sebuah perusahaan menjadi salah satu hal yang diperlukan dan juga dibutuhkan. Bahkan ada banyak sekali fungsi dan kegunaan serta manfaat yang bisa kita dapatkan dari proses rekonsiliasi tersebut.

Yang jadi pertanyaan adalah tentang jelaskan mengapa rekonsiliasi dalam perusahaan diperlukan. Pastinya ada banyak sekali tujuan manfaat dan juga kegunaan bisa kita dapatkan dari proses rekonsiliasi tersebut.

Apa Itu Rekonsiliasi?

Rekonsiliasi sebetulnya merupakan sebuah aktivitas yang biasanya dilakukan oleh seorang akuntan untuk memastikan saldo pada buku besar itu lengkap dan juga akurat. Rekonsiliasi ini merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah Pengendalian internal perusahaan.

Mengapa Rekonsiliasi dalam Perusahaan Diperlukan?

Sebuah perusahaan baik itu perusahaan privat atau publik diharuskan untuk melakukan penilaian pengendalian internal atas laporan keuangan tahunan mereka. Apabila kita tidak bisa melakukan proses rekonsiliasi dengan tepat, maka sangat akan sangat beresiko terhadap keuangan perusahaan.

Mengapa Rekonsiliasi dalam Perusahaan Diperlukan?

Sebagaimana di singgung diatas bahwa rekonsiliasi adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh akuntan dan jadi bagian penting dalam sebuah perusahaan. Proses ini biasanya dilakukan dengan cara melakukan audit dan pengendalian pada buku besar laporan keuangan tahunan.

Tentunya pentingnya proses rekonsiliasi ini dilakukan oleh pihak perusahaan didasarkan pada beberapa fungsi dan kegunaan serta manfaat dan tujuan. Berikut seerti diungkap quezzen adalah diantaranya:

1. Sudah menjadi kewajiban perusahaan

Hal yang paling utama sebetulnya adalah kenapa harus melakukan rekonsiliasi adalah karena ini sudah menjadi sebuah kewajiban bagi perusahaan. Pihak perusahaan wajib melakukan pemeriksaan laporan keuangan dengan baik secara berkala untuk menghindari kesalahan sekaligus juga mendeteksi beberapa kecurangan jika ada.

2. Perusahaan perlu data yang akurat

Perusahaan tentu membutuhkan data yang akurat khususnya untuk data keuangan ini. Maka dari itu proses rekonsiliasi jadi salah satu bagian penting pemeriksaan perusahaan dari data keuangan tanpa adanya kendala.

3. Langkah Verifikasi Rutin

Hal ini juga bisa menjadi salah satu langkah verifikasi yang bisa kita lakukan secara rutin. Tentunya kita perlu melakukan verifikasi kas dalam sebuah data secara rutin untuk bisa menghindarkan diri dari hal yang dinginkan. Mungkin juga di perusahaan ada beberapa pihak yang bermain kotor dan ini penting untuk dianalisa lewat proses rekonsiliasi yang bekerjasama dengan pihak bank.

Jadi itulah beberapa alasan dan penjelasan tentang mengapa rekonsiliasi dalam perusahaan diperlukan. Bagi anda Para pemilik perusahaan wajib untuk memahami dan mempelajari tentang ini.

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top