Kenapa Saddam Husein di Eksekusi Mati? - Quezzen

Selasa, 19 April 2022

Kenapa Saddam Husein di Eksekusi Mati?

Siapa yang gak kenal Saddam Hussein? Dunia pasti tahu dan tercatat juga dalam sejarah. Dia merupakan salah seorang pemimpin presiden Irak pada waktu belasan waktu Silam. Akan tetapi tragisnya dia akhirnya dieksekusi hukuman mati dengan cara digantung tanpa penutup kepala.

Tapi mungkin banyak diantara masyarakat saat ini di berbagai negara termasuk juga Indonesia yang bertanya-tanya. Salah satu pertanyaan yang diajukan adalah tentang alasan kenapa saddam husein di eksekusi mati.

Alasan Saddam Husein di Eksekusi Mati

Selama ini, quezzen menemukan ada banyak sekali rumor dan perbedaan pendapat mengenai faktor yang menyebabkan Saddam Husein di eksekusi mati. Beberapa di antaranya memang menyebutkan karena dia telah melakukan kejahatan kemanusiaan.

Akan tetapi beberapa diantara lainnya menyebutkan bahwa itu hanya permainan dari Amerika Serikat. Apalagi pada waktu itu Amerika memang sedang melakukan invasi penjajahan ke wilayah Irak. Bahkan yang menangkap Saddam Hussein itu sendiri adalah tentara dari Amerika Serikat.

Kenapa Saddam Husein di Eksekusi Mati?

Bahkan setelah Saddam Hussein meninggal, irak akhirnya porak-poranda akibat perang yang diciptakan oleh Amerika. Sampai sekarang Iraq memang menjadi negara yang terbelakang.

Akan tetapi ada fakta hukum yang kemudian memutuskan hakim untuk memberikan hukuman mati terhadap saddam Hussein. Dari hasil persidangan, pengadilan irak menuduh Saddam Hussein telah melakukan pembantaian di selama pemerintahannya.

Dianggap Telah Melakukan Pembaantaian Syiah

Bahkan disebutkan bahwa dia telah melakukan pembantaian terhadap syiah di Kota Dujail dan Halabja pada tahun 1988 dengan menggunakan senjata kimia. Saddam Hussein sendiri melakukan peralihan sampai 9 bulan sampai akhirnya dia ditangkap pada pada 13 Desember 2003 oleh tentara Amerika.

Tentara Amerika sendiri masuk ke Irak melakukan investasi penggulingan pemerintahan Saddam Hussein pada 20 Maret 2003. Setelah dikenakan hukuman mati dengan cara digantung tanpa penutup kepala, akhirnya banyak hal yang terjadi.

Salah satu di antaranya misalnya keluarga dari muslim Syiah yang ada di Kurdi mereka merayakan kematian dari Saddam Hussein tersebut. Tapi beberapa diantara pihak lain juga ada yang tidak terima dan dan menganggap ini sebagai permainan dari Amerika saja.

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top