Kenapa Orang Bali Tidak Boleh Makan Sapi? - Quezzen

Rabu, 20 April 2022

Kenapa Orang Bali Tidak Boleh Makan Sapi?

Sebagaimana yang kita tahu bahwa orang Bali identik dan melekat dengan agama Hindu. Ya, meski tidak semua orang yang tinggal di Bali adalah orang yang beragama Hindu, namun mayoritas masyarakat Bali memang kebanyakan menganut agama Hindu. 

Salah satu hal yang unik dari orang Bali yang beragama Hindu adalah mereka tidak boleh memakan sapi. Sama halnya dengan orang Islam yang tidak boleh dan haram untuk memakan babi. Perbedaannya adalah kalau orang Islam tidak boleh memakan babi karena haram dan cenderung tidak baik untuk tubuh, orang Bali yang beragama Hindu tidak boleh memakan sapi karena sapi ini dianggap sebagai hewan yang suci dan mulia didalam agama mereka. 

Kenapa Orang Bali Tidak Boleh Makan Sapi?

Kenapa Orang Bali Tidak Boleh Makan Sapi? 

Ada beberapa alasan mengapa orang Bali yang beragama Hindu tidak boleh atau diharamkan memakan sapi. Berikut penjelasan yang dirangkum quezzen dari banyak sumber! 

1. Relevansi sapi dan kehidupan 

Menurut nenek moyang mereka yang beragama Hindu, sapi ini dianggap sebagai hewan yang memberi banyak manfaat yang berguna untuk kehidupan. Beberapa di antaranya adalah sapi dapat memproduksi keju, butter, dan susu. Selain itu, sapi juga dapat menghasilkan urine dan kotoran yang dapat di daur ulang menjadi pupuk atau bahan bakar yang bisa dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari, kecuali dagingnya. 

Bagi umat Hindu di seluruh dunia, memotong atau menyembelih sapi merupakan hal yang tabu dan bahkan haram dilakukan. Hal ini Mengingat bahwa sapi digambarkan sebagai hewan yang sangat baik, diagungkan dan disucikan karena memiliki manfaat dan memberikan apa yang ia punya untuk kehidupan manusia. 

2. Yang diagungkan serta dianggap suci dan mulia 

Alasan mengapa sapi ini dianggap sebagai hewan yang suci dan juga Mulia karena umat Hindu menganggap sapi  sebagai Simbol kehidupan yang harus dilestarikan dan juga dirawat, bukan untuk dibunuh atau dimanfaatkan dagingnya. 

Sapi ini tidak dianggap dari bagian para dewa, namun umat Hindu pada peradaban veda menganggap dan mengaitkannya dengan Aditi. Aditi ini merupakan ibu dari semua Dewa. Karena hal tersebut, sapi ini merupakan hewan yang sangat penting dalam kehidupan umat Hindu Bali dan bahkan umat Hindu di seluruh dunia. 

3. Dimuliakan lebih dari seorang ibu 

Salah satu tokoh yang pernah menyatakan bahwa sapi lebih mulia dari seorang ibu adalah Mahatma Gandhi. Hal tersebut karena menurut Gandhi, sapi memberikan susu kepada kita tanpa mengharap balasan apapun kecuali rumput dan gandum untuk dimakan. Kemudian beliau membandingkan dengan seorang ibu yang memberikan ASI selama 2 tahun namun cenderung harus balas budi dan harus merawatnya seumur hidup kita. 

Itulah beberapa alasan mengapa orang bali tidak boleh mengkonsumsi atau memakan daging sapi. 


Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top