Apa yang Dimaksud dengan Ideologi Terbuka? Arti dan Contoh! - Quezzen

Rabu, 20 April 2022

Apa yang Dimaksud dengan Ideologi Terbuka? Arti dan Contoh!

Ada pertanyaan di sekolah tentang ideologi. Salah satu pertanyaan tersebut adalah jelaskan apa yang dimaksud dengan ideologi terbuka. Tentunya perlu jawaban secara lebih mendetail mengenai hal itu. Ada banyak pengertian sekaligus juga contoh dari ideologi terbuka yang harus dipahami untuk bisa mengerti secara keseluruhan,

Ideologi menjadi bahasan penting dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini menjadi salah satu yang mempengaruhi sekaligus juga landasan dasar kita berpikir serta hidup bernegara.

Ideologi sendiri berasal dari bahasa Yunani yakni idea dan logis. Ideologi ini bisa diartikan sebagai bagai atau pendapat arah tujuan kehidupan seseorang atau sebuah negara.

Apa yang Dimaksud dengan Ideologi Terbuka?

Pengertian Ideologi Terbuka

Kita bahas terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan ideologi terbuka. Ideologi terbuka ini ternyata merupakan ideologi yang bersifat fleksibel bukan absolut. Artinya ideologi ini bisa menggunakan konsep sekaligus landasan dasar berpikir yang berubah-ubah.

Landasan berpikir ideologi ini tentu diambil dari banyak hal salah satu diantaranya adalah nilai-nilai serta cita-cita yang berubah sesuai dengan perkembangan zaman. Selain itu juga perubahan tersebut mengikuti dinamika internal.

Cita-cita yang ada dalam ideologi terbuka biasanya tidak dimutlakkan. Akan tetapi memang hal ini biasanya digali atau diambil dari kekayaan moral budaya serta rohani suatu masyarakat itu sendiri.

Pancasila Adalah Ideologi Terbuka di Indonesia

Salah satu contoh ideologi terbuka diantaranya yang ada di Indonesia, itu adalah Pancasila. Pancasila dianggap sebagai ideologi terbuka karena memiliki banyak asas dan doktrin serta gagasan untuk diwujudkan dalam cita-cita hidup bernegara.

Selain itu juga Pancasila membimbing serta mengarahkan suatu bangsa sekaligus juga mempersatukan bangsa yang beraneka ragam latar belakang budaya dan adat. Pancasila juga merupakan salah satu ideologi yang kemudian berupaya sebisa mungkin menjaga keharmonisan perbedaan dalam suatu negara sekaligus juga memelihara dan mengembangkan identitas.

Jadi itu adalah penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan ideologi terbuka. Penjelasan diatas diharapkan bisa memberikan pencerahan untuk kalian para siswa yang mendapatkan tugas tersebut. Juga ini tentu penting untuk diketahui dan dipahami oleh masyarakat Indonesia untuk bisa hidup bernegara dengan lebih baik menjaga nilai-nilai pancasila seperti norma yang ada dengan ideologi yang jelas.

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top