Mengapa Seorang Pemimpin Harus Mengamalkan Nilai-Nilai Pancasila? - Quezzen

Sabtu, 05 Maret 2022

Mengapa Seorang Pemimpin Harus Mengamalkan Nilai-Nilai Pancasila?

Pancasila adalah salah satu pegangan hidup bernegara di Indonesia. Nilai-nilai yang ada di dalamnya harus diimplementasikan oleh banyak pihak mulai dari pemimpin sampai dengan masyarakatnya.

Kehidupan bermasyarakat akan berjalan dengan baik jika kita bisa mengamalkan nilai-nilai yang ada di dalamnya. Demikian juga para pemimpin, mengamalkan nilai pancasila sangatlah dibutuhkan.

Hal itu tentu akan berdampak pada kemajuan dan keamanan serta kedamaian yang tercipta di sebuah perusahaan, organisasi, sampai dengan tingkat pemerintahan.

Pemimpin Harus Mengamalkan Nilai-Nilai Pancasila

Alasan Seorang Pemimpin Harus Mengamalkan Nilai-Nilai Pancasila

Pemimpin yang berjiwa Pancasila tentunya bukan berarti dihafal tentang teks pancasila, tapi juga harus bisa mengamalkan nilai-nilai yang ada di dalamnya.

Seorang pemimpin harus mengamalkan nilai-nilai yang ada di dalam Pancasila karena memang ada beberapa alasan tertentu. Ada beberapa manfaat dan keuntungan yang bisa didapatkan oleh sebuah organisasi atau pemerintahan jika pemimpinnya bisa mengamalkan Pancasila dengan baik.

Apa saja manfaat dan keuntungan tersebut? Langsung saja simak berikut adalah diantaranya:

1. Berperilaku baik sesuai aturan agama

Ketika pemimpin bisa mengamalkan sila Pancasila pertama yakni berketuhanan Maha Esa, apakah pemimpin tersebut akan bersikap baik sesuai dengan aturan agama. Sebaliknya juga pemimpin tersebut akan menghindarkan diri dari sikap sikap buruk yang memang dilarang oleh agama.

2. Memanusiakan siapa saja yang dipimpinnya

Kemudian juga pemimpin tersebut akan memanusiakan Siapa saja yang dipimpinnya. Artinya dia akan menghormati sekaligus juga menjadikan rakyat yang dipimpinnya mendapatkan kesuksesan dan kesejahteraan tanpa penindasan apa.

3. Tidak korupsi

Sebetulnya pemimpin yang bisa mengamalkan Pancasila pastinya mereka tidak akan melakukan hal buruk seperti tindakan korupsi. Korupsi adalah salah satu sifat buruk yang bisa merugikan masyarakat atau pihak yang dipimpinnya.

4. Bersikap adil

Pemimpin yang mengamalkan nilai-nilai Pancasila juga pastinya akan selalu dan senantiasa bersifat dan bersikap adil. Sikap adil menjadi salah satu bagian penting untuk menjaga kestabilan dan keseimbangan masyarakat atau karyawan yang dipimpin.

5. Loyalitas dan pengabdian tinggi

Loyalitas yang dimiliki oleh seorang pemimpin yang memiliki nilai Pancasila Pasti akan sangat tinggi. Dia senantiasa melakukan penggantian dan tidak memperkaya diri sendiri.

6. Mendengarkan keluh kesah yang dipimpinnya

Kemudian juga seorang pemimpin akan mendengarkan keluh kesah yang dipimpinnya. Kalau level masyarakat pemerintahan, misalnya akan mendengarkan apa yang menjadi tolok kesah dari masyarakat yang memilihnya.

Jadi setidaknya itu alasan tentang mengapa seorang pemimpin harus mengamalkan nilai-nilai pancasila. Pastikan untuk bisa menjadi seorang pemimpin yang bijak mengamalkan nilai-nilai ketuhanan dan nilai Pancasila lain.

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top