Mengapa Bahasa Merupakan Alat Komunikasi yang Penting? - Quezzen

Selasa, 05 April 2022

Mengapa Bahasa Merupakan Alat Komunikasi yang Penting?

Bahasa dapat diartikan sebagai lambang arbitrer yang dipakai oleh manusia dalam hal komunikasi yang meliputi identifikasi diri, interaksi antar sesama, hingga dalam proses bekerja sama apapun otomatis menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi.

Karena hal tersebut, bahasa merupakan alat komunikasi yang sangat vital dalam kehidupan manusia. Dengan penggunaan bahasa termasuk bahasa daerah, sesama manusia dapat saling mengungkapkan segala hal dari mulai gagasan, pikiran, transfer pengetahuan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Mengapa Bahasa Merupakan Alat Komunikasi yang Penting?

Untuk menjawab pertanyaan mengapa bahasa merupakan alat komunikasi yang penting, makasih mak ulasannya berikut di bawah ini.

1. Sebagai sarana untuk berkomunikasi satu sama lain

Alasan mengapa Bahasa merupakan alat komunikasi yang penting adalah karena bahasa merupakan sarana untuk komunikasi satu sama lain antara manusia. Dengan penggunaan bahasa, proses komunikasi dengan mudah dan lancar.

2. Alat untuk Mengungkapkan ide dan Gagasan

Yang kedua adalah karena dengan penggunaan bahasa yang baik, ide dan gagasan yang kita punya dapat kita ungkapkan dan presentasikan kepada semua orang.

3. Alat Interaksi antar sesama manusia

Bahasa merupakan alat interaksi antar sesama manusia. Dengan menggunakan bahasa, baik bahasa Ibu, bahasa nasional, maupun internasional, maka kita akan dengan mudah untuk saling berinteraksi antar manusia dalam kegiatan apapun. Baik berupa kerjaan maupun kepentingan yang lainnya.

4. Alat untuk Mentransfer pengetahuan

Yang tidak kalah penting dari alasan mengapa Bahasa merupakan alat komunikasi yang penting adalah karena melalui penggunaan bahasa, kita dapat saling mentransfer dan bahkan mendapatkan ilmu pengetahuan yang lebih banyak dan luas.

5. Memudahkan kehidupan sebagai manusia

Salah satu hal yang akan kita dapatkan ketika kita mengerti dan memahami bahkan lebih dari satu bahasa, maka otomatis kehidupan kita akan jauh lebih mudah. Salah satu contoh adalah bila kita kepergian ke luar daerah atau bahkan luar negeri. Ketika kita memahami bahasa yang sesuai dengan tempat yang kita kunjungi, maka hal tersebut otomatis akan memudahkan kehidupan kita.

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top