Apa yang Menjadi Tujuan dari Pendidikan Bela Negara? - Quezzen

Senin, 18 April 2022

Apa yang Menjadi Tujuan dari Pendidikan Bela Negara?

Sebagai salah satu bentuk wujud kecintaan warga negara Indonesia terhadap tanah air, itu bisa ditunjukkan melalui bela negara. Bela negara sendiri bisa dilakukan dengan melakukan berbagai upaya dan cara. Salah satu diantaranya nengikuti pendidikan bela negara. Namun yang jadi pertanyaan adalah tentang apa yang menjadi tujuan dari pendidikan bela negara?

Salah satu program pendidikan yang bisa diikuti misalnya Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN). Pendidikan bela negara ini menjadi salah satu bagian penting yang memiliki landasan dan aturan yang jelas. Adapun beberapa aturan yang melatarbelakangi atau melandasinya adalah sebagai berikut:

  • UUD 1945 pasal 27 ayat 3 dan pasal 30 ayat 1-5
  • TAP MPR No. IV/MPR/1999 tentang Garis Besar Haluan Negara

Apa yang Menjadi Tujuan dari Pendidikan Bela Negara?

Tujuan dari Pendidikan Bela Negara

Nah kali ini yang dibahas adalah mengenai tujuan dari pendidikan bela negara. Jika ditanya apa yang menjadi tujuan dari pendidikan bela negara, maka tentu ada beberapa jawaban untuk itu.

Dalam artikel quezzen ini berikut adalah beberapa point manfaat sekaligus juga tujuan diadakannya program pendidikan bela negara:

1. Menjaga keutuhan negara Kesatuan Republik Indonesia

Menjaga keutuhan NKRI adalah salah satu tujuan dari upaya bela negara. Seorang yang sedang melakukan pendidikan bela negara diharapkan untuk bisa sebisa mungkin melakukan berbagai upaya untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini.

2. Melawan segala bentuk penjajahan

Kemudian juga pendidikan bela negara untuk menyadarkan agar supaya masyarakat Indonesia memiliki kesadaran untuk melawan berbagai hal yang berhubungan dengan penjajahan. Penjajahan apapun Baik itu dari dalam negara ini sendiri ataupun juga dari luar negeri tentunya.

3. Berbuat yang terbaik untuk bangsa dan negara

Tujuan selanjutnya adalah dimana pendidikan bela negara ini berupaya untuk membuat para peserta bisa berbuat hal terbaik untuk bangsa dan negara. Misalnya melestarikan adat dan budaya yang ada di indonesia. Kita harus melakukan hal terbaik apapun itu demi kebaikan Negara kita Indonesia.

4. Menghindarkan diri dari konflik

Konflik yang terjadi seringkali menjadi salah satu faktor yang menggerus keutuhan suatu negara. Dengan pendidikan bela negara yang baik, maka setidaknya kita paham dan mengerti apa yang harus dilakukan untuk bisa menyelesaikan berbagai konflik yang ada.

Jadi itulah Jawaban dari pertanyaan apa yang menjadi tujuan dari pendidikan bela negara. Semoga kita masyarakat Indonesia memiliki kesadaran akan bela negara untuk menjaga keutuhan negeri ini.

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top