Kenapa Angin Kencang Hari Ini? Begini Kata BMKG - Quezzen

Sabtu, 26 Februari 2022

Kenapa Angin Kencang Hari Ini? Begini Kata BMKG

Beberapa wilayah di Indonesia mungkin beberapa hari ini mendapati angin yang cukup kencang. Terkadang angin kencang yang muncul disertai dengan hujan intensitas sedang dan rendah. Nah yang jadi pertanyaan adalah tentang kenapa angin kencang hari ini tersebut?

Untuk mengetahui informasinya, tentu kita harus bisa mendapatkan jawaban pasti dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) indonesia. Kenapa? Karena itulah bidang yang membawahi soal cuaca di Indonesia.

Kenapa Angin Kencang Hari Ini

Penyebab Angin Kencang Beberapa Hari Ini

Beberapa waktu lalu BMKG mengatakan bahwa angin kencang yang terjadi disebabkan oleh beberapa faktor, tentunya bukan karena pengaruh perang dunia ke 3 ya. Akan tetapi pembentukan awan kumulonimbus yang cukup intensif beberapa minggu terakhir. Hal itu tentunya didasarkan pada analisa dinamika atmosfer terkini beberapa hari terakhir.

Proses terbentuknya awan yang masih itu terjadi di 2 lokasi yang memiliki perbedaan tekanan udara yang berbeda. Hal itu biasanya memang disebabkan oleh perbedaan suhu.

Biasanya perbedaan suhu yang terjadi di Bagian daratan dan lautan itu akan menyebabkan perbedaan tekanan yang memicu munculnya angin. Sebagian besar tekanan yang terjadi, maka semakin besar pula angin kencang yang muncul.

Proses pembentukan awan kumulonimbus yang cukup masih terjadi di wilayah Jawa bagian barat dan juga Selatan. Hal itu juga bisa dilihat dari proses konveksi di lautan yang cukup dominan.

Wilayah yang Terdampak Angin Kencang

Menurut BMKG, diperkirakan ada beberapa wilayah di Indonesia yang masih berpotensi mendapatkan angin kencang di antaranya ada pesisir Barat Sumatera, sebagian besar Jawa, NTT, NTB, kalimantan Timur dan Utara serta Sumatera Tengah dan Selatan.

Selanjutnya masyarakat diimbau untuk menghindari beraktivitas di wilayah tersebut di atas dalam waktu-waktu tertentu. Jika sudah terjadi hujan dan angin, sebaiknya disarankan untuk tidak beraktivitas di luar.

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top