Apa Tanggung Jawabmu Terhadap Penggunaan Energi Tak Terbarukan? - Quezzen

Sabtu, 26 Februari 2022

Apa Tanggung Jawabmu Terhadap Penggunaan Energi Tak Terbarukan?

Energi terbarukan merupakan energi yang diperoleh dari sumber daya alam dengan waktu pembentukannya hingga mencapai jutaan tahun. Sebuah energi dapat dikatakan tak terbarukan alasannya karena sumber daya energi tersebut membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menggantinya setelah energi tersebut digunakan.

Proses yang sangat lama ini disebabkan dan dipengaruhi oleh keadaan geologi lingkungan sekitar pada waktu tersebut.

Tanggung Jawabmu Terhadap Penggunaan Energi Tak Terbarukan

Apa Saja Yang Termasuk Energi Tak Terbarukan?

Berikut dibawah ini akan kami jelaskan beberapa contoh energi tak terbarukan: Bahan bakar fosilEnergi yang tak terbarukan adalah bahan bakar fosil yang meliputi gas alam, minyak bumi, hingga batubara.

1. Batubara

Seperti yang kita tahu bahwa batubara ini terbentuk dari proses yang cukup lama yaitu pengendapan serta perubahan kayu-kayu tertimbun di dalam rawa-rawa. Proses kayu-kayu untuk menjadi batubara membutuhkan waktu jutaan tahun dan harus dipastikan bahwa kayu tersebut berada dalam kawasan rawa-rawa.

2. Minyak Bumi

Adapun untuk proses minyak bumi atau minyak mentah yakni terbentuk dari senyawa hidrokarbon yang terdapat dari sisa-sisa kehidupan fosil purbakala baik berupa tumbuhan besar maupun dari hewan purbakala. Untuk menjadi minyak mentah, senyawa hidrokarbon yang berasal dari fosil tumbuhan dan hewan purbakala tersebut harus melalui proses yang sangat panjang yakni membutuhkan waktu hingga jutaan tahun dalam keadaan terkubur sempurna di dalam perut bumi.

Karena hal demikian, energi tak terbarukan memerlukan waktu yang begitu lama untuk beregenerasi sehingga kita tidak boleh menggunakannya semena-mena melainkan harus dengan sangat bijak.

Akan tetapi seiring dengan kemajuan teknologi, beberapa negara maju dan berkembang di seluruh dunia termasuk Indonesia kini melakukan aktifitas pencarian energi alternatif untuk menggantikan energi tak terbarukan seperti tenaga angin, dll. 

Hal yang dilakukan adalah dengan melakukan penelitian khusus tentang kandungan senyawa kimiawi spesies tumbuhan tertentu. Apabila dianggap relevan, maka dilanjutkan dengan proses percobaan agar setidaknya dapat mendekati besarnya energi yang diperoleh dari sumber energi tak terbarukan.

Apa Tanggung Jawabmu Terhadap Penggunaan Energi Tak Terbarukan?

Apabila ada sebuah pertanyaan tentang apa tanggung jawabmu terhadap penggunaan energi tak terbarukan, maka jawabannya adalah kita harus menggunakan energi tak terbarukan dengan hemat dan juga bijak.

Gunakanlah segala hal sesuai kebutuhan agar tidak sia-sia. Hal ini sangat penting terutama mengenai penggunaan energi tak terbarukan, mengingat proses terpenuhinya energi tak terbarukan ini memerlukan waktu yang sangat panjang, jadi kita dituntut harus menggunakan segala yang berhubungan dengan energi tak terbarukan sehemat-hematnya dan sebaik-baiknya sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top