Apakah Anak PNS Bisa Daftar KIP Kuliah? - Quezzen

Minggu, 20 Februari 2022

Apakah Anak PNS Bisa Daftar KIP Kuliah?

KIP atau Kartu Indonesia Pintar merupakan suatu bantuan biaya pendidikan yang ditujukan untuk calon siswa atau mahasiswa yang memiliki kekurangan secara finansial namun berpotensi baik secara akademik. 

Apakah Anak PNS Bisa Daftar KIP Kuliah?

Adapun bagi para anak PNS yang memiliki potensi akademik yang baik tidak berhak mendapatkan kartu Indonesia Pintar atau KIP. Hal ini karena perekonomian para PNS bisa dibilang tercukupi dan tidak kekurangan. 

Apa Kriteria Ekonomi Tidak Mampu? 

Adapun kriteria kondisi atau keadaan ekonomi yang tidak mampu atau kekurangan yakni adalah pemegang kartu KIP, KPS, BSM dan atau pendapatan kotor kedua orangtua sebanyak Rp4.000.000 dan pendidikan orangtuanya paling tinggi setara S1 atau D4. 

Apakah Anak PNS Bisa Daftar KIP Kuliah?

Apa Itu Pendapatan Kotor?

Pendapatan kotor adalah penghasilan sebelum dipotong cicilan atau kewajiban yang lainnya. Jadi apabila profesi orang tua sebagai PNS namun masih memenuhi kriteria kondisi yang tidak mampu atau kekurangan maka anak PNS juga berhak daftar KIP. 

Bagi anak PNS yang ingin daftar KIP tentu harus melampirkan beberapa bukti dan data yang valid untuk kemudian diverifikasi ulang layak tidaknya mendapatkan kartu Indonesia Pintar. 

Apabila semua data tidak valid dan tidak masuk kriteria tidak mampu, maka akan diberikan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku. 

Pada dasarnya memang anak PNS tidak layak untuk mendapatkan kartu Indonesia pintar karena memang standar penghasilan kotor pun di atas kriteria KIP kuliah. Kartu Indonesia Pintar ditunjukkan kepada kelompok ekonomi keluarga yang memang di bawah standar atau bisa dibilang miskin. Meskipun memang gaji PNS terbilang rendah apalagi untuk golongan yang masih baru, akan tetapi apabila digabungkan dari berbagai tunjangan yang didapatkan tentu cukup lumayan dan jauh di atas standar KIP. 

Dengan demikian, Biarlah kalangan dan kelompok yang perekonomiannya di bawah rata-rata yang mendapatkan Kartu Indonesia Pintar. Kesadaran yang tinggi tentang keadaan ekonomi diri sendiri sangat dibutuhkan agar Kartu Indonesia Pintar dapat disalurkan tepat sasaran dan benar-benar membantu orang yang memang sangat membutuhkan. 

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top