Kapan Boleh Naik Motor Setelah Operasi Caesar? - Quezzen

Rabu, 03 November 2021

Kapan Boleh Naik Motor Setelah Operasi Caesar?

Tidak semua wanita bisa melahirkan secara normal. Karena alasan tertentu, terkadang dia harus melahirkan dengan cara operasi sesar. Nah sedangkan para wanita biasanya harus beraktivitas setelah operasi tersebut. Salah satu diantaranya adalah aktivitas naik motor mungkin mengantar anak atau lainnya. Lalu kapan boleh naik motor setelah operasi caesar tersebut?

Kapan Boleh Naik Motor Setelah Operasi Caesar

Ini menjadi salah satu pertanyaan umum yang kemudian banyak ditanyakan oleh banyak wanita yang baru saja melahirkan. Ada mungkin salah seorang yang kemudian memiliki pertanyaan tersebut. Jika demikian, tentu anda harus bisa cari tahu terlebih dahulu jawabannya terutama jawaban dari pihak yang pengalaman ataupun memiliki pengetahuan.

Dalam hal ini anda harus bisa mendapatkan jawaban dari pihak medis. Salah satu diantaranya misalkan jawaban dari dokter mengenai boleh beraktivitas berat seperti naik motor setelah melakukan operasi caesar.

Jadi, Kapan Boleh Naik Motor Setelah Operasi Caesar? Ini Jawabannya!

Berdasarkan informasi yang didapat dari pihak medis pertama dokter, para ibu yang baru saja melahirkan dengan sesar sebaiknya tidak melakukan aktivitas berat terlebih dahulu. Naik motor merupakan salah satu aktivitas berat yang tentu menguras tenaga dan dan juga fokus mental. Oleh karenanya berumah tangga sebaiknya memang menghindari aktivitas tersebut setelah operasi.

Tapi yang jadi pertanyaan berapa lama itu dilakukan. Biasanya sudah menjadi salah satu syarat umum bahwa aktivitas berat bisa dilakukan setelah operasi sesar sekitar 6 bulan. 6 bulan adalah masa paling efektif untuk recovery penyembuhan hasil operasi tersebut. Biasanya setelah 3-6 bulan, apabila luka menjadi kering dan juga tidak ada keluhan.

Menurut dr. Nugraha Arief dari Alo Dokter, justru beliau menyarankan minimal tiga bulan untuk tidak beraktivitas berat terlebih dahulu. Selain itu juga dia menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk mengetahui aktivitas apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Sementara itu dr. Amadeo Drian Basfiansa menyarankan beberapa hal yang tidak boleh dilakukan setelah operasi sesar. Sebetulnya beberapa hal yang tak boleh dilakukan ini sama dengan operasi lain diantaranya:

  • Beraktivitas berat
  • Membasahi luka
  • Menaiki banyak anak tangga
  • Menahan BAB
  • Mengkonsumsi makanan Bergas
  • Bersin terlalu sering
  • Sering mengejan

Akan tetapi jika kemudian misalnya selama 6 bulan tersebut, ada beberapa keluhan misalnya alucard sulit kering dan lainnya, tentu itu bisa akan lebih lama lagi. Maka itu penting sekali untuk selalu berkonsultasi dengan dokter. Mengecek hasil operasi juga penting untuk dilakukan secara berkala agar supaya dilihat perkembangannya.

Selain tidak boleh naik motor, juga sebaiknya tidak makan bakso setelah operasi sesar tersebut. Menjaga pola makan sangatlah penting juga untuk memastikan luka hasil operasi memang cepat sembuhnya dan keringnya.

Dengan aktivitas berat seperti naik motor, sebetulnya luka operasi bisa saja terganggu apalagi belum sembuh benar. Maka dari itu sebaiknya Anda tunggu terlebih dahulu sampai sembuh betul.

Demikian informasi kapan boleh naik motor setelah operasi caesar. Semoga bisa lebih bijak dalam beraktivitas setelah melakukan operasi caesar tersebut. Jangan memaksakan karena itu bisa berakibat fatal.

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top