Kapan Boleh Berhubungan Setelah Melahirkan? - Quezzen

Rabu, 03 November 2021

Kapan Boleh Berhubungan Setelah Melahirkan?

Banyak yang bertanya mengenai kapan boleh berhubungan setelah melahirkan normal. Beberapa di antaranya mungkin menanyakan Kapan saya dan suami dapat kembali berhubungan intim setelah melahirkan. Pertanyaan itu jadi salah satu pertanyaan umum yang tentu perlu di temukan jawabannya pertama secara medis dan dari ahlinya.

Kapan Boleh Berhubungan Setelah Melahirkan

Setelah melahirkan apalagi secara normal, tentu banyak sekali luka yang terjadi pada tubuh wanita terutama pada bagian rahim dan vagina. Pastinya bagian tersebut jadi bagian yang harus di recovery terlebih dahulu sebelum melakukan hubungan intim.

Hubungan intim pastinya akan menyasar pada bagian itu dana jika dilakukan dalam keadaan masih luka, pasti akan ada rasa sakit yang dirasakan oleh wanita. Bahkan bisa berakibat parah jika sampai Pada tahapan infeksi.

Maka dari itu, para suami sebaiknya memang harus bersabar terlebih dahulu. Dengan bersabar terlebih dahulu, setidaknya ini akan membantu itu membuat istri anda aman dan sehat terhindar dari beragam masalah dan resiko.

Jadi, Kapan Boleh Berhubungan Setelah Melahirkan Normal atau Caesar?

Nah berbicara tentang pertanyaan kapan boleh berhubungan setelah melahirkan baik normal, ataupun operasi sesar / kuret, tentu ada jawabannya tersendiri. Berbeda juga sebetulnya melahirkan normal dengan melahirkan secara caesar masa penyembuhannya.

1. Setelah Melahirkan Normal

Bagi Anda yang melahirkan secara normal, biasanya para dokter menyarankan untuk melakukan hubungan intim selama 40 hari. Setelah 40 hari atau 1,5 bulan biasanya memang luka itu sudah sembuh kembali.

Hal ini tentu dengan catatan tidak ada keluhan lain seperti masalah lain pada saat proses penyembuhan tersebut. Jika ada masalah lain misalkan luka atau pembengkakan dan lainnya, itu harus segera ditangani dan mungkin waktu untuk bisa hubungan intim juga lebih lama lagi.

2. Pasca Melahirkan Caesar

Jika Anda kemudian misalnya melahirkan dengan menggunakan operasi caesar atau kuret, maka pastinya proses penyembuhannya juga akan lebih lama. Aktivitas beratpun seperti naik motor bisa anda lakukan setelah minimal 3 bulan sampai 6 bulan.

Setelah lukanya benar-benar kering dan juga sembuh total, barulah kemudian aktivitas berat termasuk juga hubungan intim sebaiknya memang bisa anda lakukan. Sebelum itu, akan ada banyak masalah dan keluhan apalagi jika hubungan intim dilakukan dengan cara yang agak kasar.

Jadi sekian informasi mengenai kapan boleh berhubungan setelah melahirkan normal ataupun juga operasi caesar kuret. Semoga beberapa informasi tersebut akan membantu berikan jawaban bagi Anda yang baru saja melahirkan. Semoga cepat sehat kembali..

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top