Berapa Gaji Youtuber Berdasarkan Jumlah Subscriber? - Quezzen

Rabu, 13 Oktober 2021

Berapa Gaji Youtuber Berdasarkan Jumlah Subscriber?

Menjadi seorang Youtuber menjadi salah satu profesi yang menjanjikan saat ini. Melihat para Youtuber yang menghasilkan banyak uang dari bermain Youtube tentu menarik minat semua orang, terlebih penghasilan yang didapat sangat menggiurkan. Banyak faktor yang bukan penghasilan seorang youtuber salah satu diantaranya adalah jumlah subscriber. Disini kita akan bahas berapa gaji youtuber berdasarkan jumlah subscriber-nya.

Gaji Youtuber Berdasarkan Jumlah Subscriber

Sebagaimana diketahui ini adalah orang yang mengikuti dan bahkan berlangganan pada channel YouTube seseorang. Ternyata ini memiliki peranan yang sangat penting terhadap pemilik channel YouTube premium itu sendiri. Selain sangat menentukan untuk memenuhi syarat mengikuti program monetisasi dari Google, ternyata memberikan pengaruh pada banyaknya penonton iklan yang memungkinkan dapat uang.

Berapa Gaji Seorang Youtuber?

Rata rata penghasilan yang diperoleh lewat iklan adSense pada Youtube yang lumayan ramai ditonton adalah sekitar 18 dollar per 1000 iklan yang tampil. Dan per 1000 tontonan video akan mendapat 3 hingga 5 dollar.

Sebagai gambaran, kira kira seorang Youtuber akan mendapat gaji sebagai berikut:

  • Untuk 2.000 tontonan menghasilkan sekitar 250 orang yang menonton iklan hingga selesai
  • $18 per tontonan x 250 tontonan = $45 dibebankan kapada pengiklan
  • $45 x 68% revenue share = $30 per 2.000 tontonan akan diberikan ke Youtuber atau content creator

Sedangkan untuk video dengan sponsor produk tertentu, youtuber akan memperoleh bayaran sesuai dengan perjanjian dari kedua belah pihak.

Berapa Gaji Youtuber 1.000 Subciber?

Penghasilan seorang Youtuber bergantung pada CPM yaitu cost per mille juga dari banyaknya jumlah views. CPM atau biaya per 1000 views merupakan biaya yang dibebenkan oleh pengiklan kepada Youtube. Jadi pihak pengiklan akan membayar untuk tiap 1.000 tampilan iklan yang tayang dari satu video.

Misalkan pengiklan membayar Rp 100.000 untuk 1 iklan, lalu iklan ini di tonton hingga 5.000 kali. Maka hasilnya Rp 100.000 : 5.000 = Rp 20, kemudian Rp 20 x 1000 akan menghasilkan Rp 20.000. Selanjutnya, Youtuber akan mendapat 55% dari jumlah tersebut dikarenakan dari system bagi hasil di Youtube.

Syarat Mendapat Penghasilan dari Youtube

Untuk mulai menghasilkan uang dari Youtube, tentu ada beberapa persyaratan yang mesti di penuhi oleh content creator atau Youtuber. Agar dapat bergabung di program partner Youtube, pihak Youtube sendiri memberikan beberapa syarat untuk dapat memonetisasi video, yaitu:

  • Memiliki lebih dari 1.000 jumlah subscriber
  • Telah mencapai 4.000 views lebih dalam 12 bulan terakhir
  • Berada di wilayah atau Kawasan program youtube partner
  • Besedia mengikuti ketentuan Youtube, yaitu tidak melanggar hak cipta, tidak mengandung konten dewasa maupun kekerasan dan lainnya
  • Memiliki akun Adsense

Demikian rincian tentang gaji youtuber berdasarkan subscribernya. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top