Berapa Biaya Membuat Surat Keterangan Sehat? - Quezzen

Minggu, 03 Oktober 2021

Berapa Biaya Membuat Surat Keterangan Sehat?

Surat Keterangan Sehat menjadi salah satu persyaratan penting dalam banyak hal. Misalnya persyaratan untuk membuat SIM atau SKCK, syarat untuk berpergian, syarat untuk melamar kerja dan banyak lagi lainnya. Nah disini akan kita bahas adalah tentang berapa biaya membuat surat keterangan sehat sebetulnya yang harus kita bayarkan.

Harga yang harus kita bayarkan untuk surat Keterangan Sehat ini sebetulnya memang bervariasi. Akan tetapi memang tidak ada ada batasan khusus tentang biaya yang harus dikenakan pada pasien. Kemudian juga ada beragam tempat yang berhak untuk bisa memberikan Surat Keterangan Sehat kepada siapa saja yang membutuhkan. Artinya Tidak sembarangan orang melainkan hanya tenaga medis atau dokter yang bisa memberikan itu.

Biaya Membuat Surat Keterangan Sehat

Biaya Membuat Surat Keterangan Sehat di Rumah Sakit

Jika kita mau membuat surat keterangan sehat di rumah sakit, itu biasanya memang membutuhkan biaya yang agak mahal dibandingkan dengan Puskesmas. Akan tetapi memang tidak terlalu mahal untuk ukuran saat ini.

Biasanya Rumah Sakit mengambil biaya untuk surat keterangan ini adalah sebesar Rp50.000. Silakan Anda siapkan dana sebesar itu sangat datang ke rumah sakit untuk membuat surat keterangan sehat dan siapkan juga persyaratan seperti kartu identitas.

Biaya Surat Keterangan Sehat di Puskesmas

Kalau anda mau lebih hemat dan lebih murah, sebaiknya memang datang ke Puskesmas saja. Di Puskesmas biasanya memang Anda dikenakan biaya administrasi saja. Hal itu memang bergantung kebijakan dari setiap daerah di mana Puskesmas itu ada.

Beberapa daerah misalnya untuk Jakarta, administrasi untuk kesehatan ini hanya sebesar 10000. Kemudian untuk Bandung biasanya adalah sekitar Rp8.000. Jadi tentu akan lebih hemat.

Biaya Surat Keterangan Sehat di Klinik

Kemudian cara yang lain kalau tidak mau antri Anda bisa datang ke klinik terdekat. Beberapa klinik yang memang ada dokter biasanya memang memungkinkan anda untuk bisa dapat Surat Keterangan Sehat.

Anda tapi memang biaya di klinik juga akan lebih mahal bahkan mungkin lebih mahal dari rumah sakit karena tanpa antri dan prosesnya cepat. Tapi rata-rata biasanya maksimal mengambil biaya sebesar 50.000.

Biaya Surat Keterangan Sehat di SIM Keliling

Pada saat Anda membuat SIM baru ataupun juga perpanjangan SIM di SIM keliling, biasanya di sana sudah disediakan dokter khusus yang memeriksa. Mereka akan memberikan Surat Keterangan Sehat. Nah sementara untuk biayanya biasanya dikenakan sebesar 50 ribu.

Jadi sekian informasi jawaban atas Berapa biaya membuat surat keterangan sehat yang kemudian harus diketahui. Biaya diatas hanya sebatas perkiraan dana secara umum sering di dapati oleh para banyak masyarakat selama ini. Kalau ada perubahan harga, mungkin itu ada kebijakan khusus ataupun juga bergantung pada pihak rumah sakit, puskesmas atau penjuru dokter yang memberikan surat keterangan.

 

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top