Apa yang Harus Dilakukan Jika ATM Hilang? - Quezzen

Minggu, 03 Oktober 2021

Apa yang Harus Dilakukan Jika ATM Hilang?

ATM hilang menjadi salah satu hal yang sering terjadi dan dialami oleh banyak orang. Entah itu karena mungkin lupa atau pun juga dompetnya dicuri, ada banyak faktor yang menyebabkan kartu ATM bisa hilang. Nah yang kemudian jadi pertanyaan adalah kalau ATM baik BRI, BNI, Mandiri, BCA, BJB, CIMB NIAGA dan lainnya hilang, apa yang harus dilakukan? Pentingnya di sini kita akan bahas beragam hal yang perlu dilakukan.

Apabila ATM kita hilang, biasanya memang ada banyak ketakutan yang dialami oleh banyak orang. Beberapa ketakutan tersebut pastinya berhubungan dengan aman atau tidaknya dana yang ada di dalam tabungan kita. Biasanya ada beberapa pertanyaan lanjutan yang kemudian diajukan oleh banyak orang jika ATM yang hilang.

Apa yang Harus Dilakukan Jika ATM Hilang?

Beberapa Pertanyaan Saat ATM Hilang

Nah saat ini kita kan Jelaskan juga beberapa pertanyaan lain yang sering diajukan pada saat atm hilang. Juga akan dijelaskan tentang Jawaban dari pertanyaan tersebut sebetulnya.

Jika ATM Hilang Apakah Uangnya Hilang?

Pertanyaan pertama yang banyak diajukan adalah jika atm hilang, apakah uangnya juga hilang. Pertanyaan itu memang jadi salah satu pertanyaan. Nah ini jawabannya sebetulnya akan tetap aman apabila memang orang lain yang menemukan ATM anda tidak tahu passwordnya atau pin. Jadi di matikan agar ATM yang hilang itu Abang tidak diketahui passwordnya.

Pastikan juga agar anda jangan sampai menyimpan ATM dengan Pin secara bersamaan. PIN ATM sebaiknya tidak disimpan bersamaan dengan ATM apalagi ditulis dibelakang ATM. Sebaiknya Anda ingat saja pin tersebut dan jangan sampai Ditulis Karena kalau hilang nanti bisa diketahui orang lain.

Apakah Jika ATM Hilang Perlu Surat Kehilangan Dari Polisi?

Nah dulu biasanya bank jika ada nasabah yang atm-nya hilang, itu harus membawa surat keterangan hilang dari polisi. Jadi salah satu syarat untuk penggantian dengan ATM baru, nasabah harus membawa surat kehilangan dari polisi terdekat.

Akan tetapi sekarang hal itu juga sebetulnya sudah tidak berlaku. Atm hilang Tidak perlu surat kehilangan lagi. Pasalnya Jika anda sudah datang ke kantor bank dan mengganti dengan yang baru, aTM yang lama secara otomatis akan diblokir.

Hal yang Harus Dilakukan Jika ATM Hilang

Jika anda mengalami atm hilang, sebetulnya ada beberapa hal yang kemudian bisa anda lakukan. Apa saja sebutan yang harus dilakukan? Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan jika anda mengalami atm hilang:

1. Transfer uang ke rekening lain

Pertama jika akun rekening Anda yang atm-nya hilang itu saldo dana, anda bisa transfer terlebih dahulu ke rekening lain. Ini bisa dilakukan jika kemudian Anda memiliki aplikasi Mobile Banking atau internet banking. Jadi dengan mentransfernya ke bank lain dana yang ada, setidaknya Anda bisa aman kalaupun misalkan orang tahu password dari ATM tersebut tidak bisa dapat uang banyak karena sudah anda pindahkan ke rekening lain.

2. Blokir kartu

Kedua Anda harus melakukan proses blokir kartu. Pemblokiran kartu bisa dilakukan dengan beberapa cara salah satu diantaranya adalah dengan menghubungi customer service atau call center dari bank di mana anda menabung dan membuat atm tersebut.

Lalu cara yang paling praktis di era sekarang ini sudah banyak sekali aplikasi Mobile Banking ataupun juga bank digital yang memungkinkan kita sebagai pengguna memblokirnya sendiri. Jadi kita tidak perlu hubungi customer service ataupun juga datang ke kantor bank untuk memblokirnya.

2. Buat pergantian ATM baru

Selanjutnya Anda bisa membuat pergantian ATM baru. Pergantian ATM baru ini sendiri bisa dilakukan sebetulnya dengan datang langsung ke kantor cabang Bank terdekat. Atau kalau anda sudah pengguna bank digital, sekarang sangat mudah sekali di mana anda hanya perlu ajukan secara online dan nanti kartu atm-nya akan langsung dikirim ke alamat Anda.

Jadi demikian hal yang harus dilakukan jika anda mengalami masalah hilang ATM. Apa yang harus dilakukan jika atm hilang, di atas adalah beberapa jawaban yang bisa dilakukan.

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top