Bagaimana Cara Perpanjangan SIM Secara Online? - Quezzen

Kamis, 07 Oktober 2021

Bagaimana Cara Perpanjangan SIM Secara Online?

Selain melalui Kantor Satpas SIM dan juga layanan SIM Keliling, mengurus perpanjangan SIM juga dapat dilakukan secara online (tanpa tatap muka) yang sudah mulai berlaku sejak April 2021 melalui aplikasi Digital Korlantas Polri. Proses perpanjang SIM saat ini bisa dilakukan secara online namun anda harus tahu bagaimana cara melakukan perpanjangan SIM online tersebut.

Cara Perpanjangan SIM Secara Online

Berdasarkan pengalaman perpanjang SIM online tentu ada beberapa hal yang harus diketahui dan juga bisa didapatkan oleh siapapun. Tentunya prosesnya akan lebih mudah dan lebih praktis serta juga pastinya lebih cepat. Anda bisa menghemat biaya tanpa harus pergi ke luar sana untuk mengeluarkan tenaga waktu dan juga dia kenapa mau dasi yang mahal.

Panduan Cara Perpanjangan SIM Secara Online

Sekarang proses perpanjangan SIM A atau c dan lainnya bisa dilakukan secara online melalui aplikasi khusus yang memang tersedia oleh Polri. Anda hanya perlu mendownload aplikasi tersebut lalu kemudian mengikuti beragam prosedur yang memang harus dilakukan.

Bagi para pemula yang sudah waktu atau masa perpanjang sim, dan yang belum pernah mencoba untuk melakukan prosesnya Sebaiknya anda Simak beberapa panduan sebagai berikut ini. Berikut Langkah Langkah perpanjang SIM:

  1. Download aplikasi Digital Korlantas Polri pada Play Store maupun App Store
  2. Masukan No Ponsel beserta email aktif untuk verifikasi identitas
  3. Masukan kode OTP yang di terima
  4. Buatlah 6 digit PIN angka untuk keamanan akun
  5. Lengkapi data sesuai KTP
  6. Verifikasi data dilakukan dengan cara Face Recognition, nantinya kamu akan mendapat notifikasi apabila data sudah berhasil
  7. Aktivasi akun melalui email yang di daftarkan
  8. Setelah aktif, masuk ke aplikasi dan pilih menu SIM
  9. Pilih Perpanjangan SIM
  10. Isi data diri secara lengkap dan benar, lalu pilih golongan SIM
  11. Upload foto KTP, foto SIM lama, foto tanda tangan pada kertas putih, foto surat sehat dari dokter dan juga pas foto berlatar belakang biru
  12. Pilih metode pengiriman yang tersedia yaitu diambil sendiri pemohon, diambil sendiri oleh wakil dengan surat kuasa dan melalui jasa pengiriman
  13. Klik Lihat Rekening, kemudian lakukan pembayaran dengan virtual account pada bank BRI yang tertera
  14. Kamu tinggal menunggu proses pengiriman, apabila sudah diterima lakukan Konfirmasi SIM Diterima pada Detail Transaksi di aplikasi.
  15. Ya nanti sim yang anda perpanjang akan dikirim ke rumah Anda sehingga kemudian tidak perlu Anda mengambilnya. Hal ini bisa lebih efektif dan lebih mudah dan juga semuanya lebih serba digital.

Jadi itu beberapa penjelasan tentang bagaimana cara memperpanjang SIM secara online dengan mudah dan praktis tanpa harus keluar rumah. Biaya yang dikeluarkan pun tentu akan lebih murah dibandingkan dengan biaya ketika langsung perpanjang yang biasanya lebih mahal.

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top