Kapan Perpanjangan SIM Bisa Dilakukan? - Quezzen

Rabu, 06 Oktober 2021

Kapan Perpanjangan SIM Bisa Dilakukan?

Banyak selama ini mungkin yang bertanya tentang apakah boleh kita memperpanjang SIM beberapa bulan sebelum masa aktif habis. Pertanyaan itu seringkali ditanyakan dan Anda harus bisa coba temukan jawabannya untuk bisa mengetahuinya itu. Di sini akan dijelaskan secara lebih rinci berdasarkan aturan yang ada mengenai Kapan sebetulnya kita bisa memperpanjang SIM.

SIM atau Surat Izin Mengemudi menjadi syarat yang wajib bagi setiap pengendara kendaraan bermotor. Perlu diperhatikan bahwa melakukan perpanjangan SIM ini jangan sampai menunggu habis masa berlaku. Kartu SIM juga menjadi dokumen penting bagi pengendara sebagai bukti telah memenuhi syarat untuk dapat mengendarai kendaraan bermotor pada jalan raya.

Kapan Boleh Perpanjangan Surat Izin Mengemudi?

Menurut peraturan Kapolri No 9 Tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi, dokumen penting tersebut mempunyai masa aktif selama 5 tahun. Oleh karena itu, sebelum masa aktif habis pemilik diharuskan untuk segera melakukan perpanjangan SIM.

Apabila pemilik terlambat melakukan perpanjanan atau telah melewati masa berlaku pada kartu SIM, maka SIM tersebut tidak dapat di perpanjang lagi atau harus mengajukan penerbitan ulang. Perpanjangan SIM dapat dilakukan satu bulan sebelum masa berlaku habis agar tidak mengalami keterlambatan atau lupa melakukan perpanjangan.

Bolehkah Perpanjang Sim Pas Jatuh Tempo?

Salah satu pertanyaan yang kemudian juga banyak diajukan adalah tentang apakah boleh kita memperpanjang SIM pas jatuh tempo. Sebagai pengalaman tentu sangat bisa dan boleh sekali kita memperpanjang pas jatuh tempo.

Admin sendiri pernah memperpanjang SIM di hari yang sama masa aktifnya habis. Prosesnya berjalan dengan lancar dan tidak ada denda apapun. Artinya memang ini sesuai dengan jatah waktu yang masih tersedia perpanjang sim pas tanggal habis.

Bolehkah Perpanjang SIM 1 bulan Sebelumnya?

Tentu sangat disarankan untuk anda melakukan proses perpanjangan 1 bulan sebelum masa aktifnya habis. Hal itu agar supaya kemudian nanti anda tidak terlambat yang mengakibatkan nanti harus membuat proses pembuatan SIM baru.

Hari ini berlaku untuk SIM atau pun juga SIM C dan lainnya. Anda Pastikan untuk memperpanjang 1 bulan sebelum masa expired habis.

Bolehkah Perpanjang Sim Telat 1 Hari?

Jawaban dari pertanyaan ini tentu tidak boleh karena memang sudah sesuai aturan bahwa Telat satu hari pun akan kena denda. Benda yang dimaksud adalah Dimana anda harus buat SIM baru.

Biaya yang yang dikenakan Tentu juga akan lebih mahal jika anda sampai telat membayar atau memperpanjang SIM. Maka dari itu disarankan untuk Anda lakukan serta jangan beberapa waktu Sebelum masa habis.

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top